Antusias Masyarakat Tinggi di Event ARRC 2024, ASDP Bidik Kenaikan Trafik Penumpang

Kamis, 25 Juli 2024 – 16:03 WIB
Pelabuhan Lembar di Lombok. Foto dok ASDP

jpnn.com, MANDALIKA - PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Lembar memastikan persiapan Pelabuhan Lembar dan Padangbai dalam kondisi operasional yang baik menjelang perhelatan Asian Road Racing Championship yang digelar di Mandalika pada 26-28 Juli 2024.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan pihaknya berkomitmen dalam menjamin kelancaran transportasi dan kenyamanan pengguna jasa sebagai wujud komitmen ASDP untuk memastikan kepentingan umum terlayani dengan baik.

BACA JUGA: Kinerja Moncer, ASDP Setor Dividen Rp 31 Miliar Tahun Buku 2023

“Menjelang ARRC 2024 di Mandalika, ASDP telah mempersiapkan aspek operasional dan pelayanan di pelabuhan. ASDP berkoordinasi aktif baik dengan BPTD selaku regulator dalam penentuan jadwal kapal, dan juga dengan pihak Kepolisian terkait dengan pengaturan lalu lintas jalur dari dan ke pelabuhan, demi menjaga kelancaran, keamanan dan ketertiban selama perhelatan ARRC 2024 berlangsung," ujar Shelvy.

Di lintasan Lembar-Padangbai terdapat 23 unit kapal yang siap beroperasi sesuai dengan penjadwalan oleh BPTD. Adapun armada milik ASDP yang beroperasi di lintas ini adalah KMP Rodhita dan KMP Portlink II.

BACA JUGA: SIG Raih Penghargaan The Most Extraordinary Women Business Leaders 2024

Dia mengungkapkan, dengan persiapan yang telah dilakukan menjelang perhelatan ARRC ini, ASDP memperkirakan peningkatan trafik sebesar 10 persen bila dibandingkan kondisi normal.

Hal ini dipicu antusiasme masyarakat untuk menyaksikan event ARRC 2024, sehingga mendorong pergerakan masyarakat dari dan ke Mandalika, termasuk mobilisasi pengangkutan logistik alat dan material untuk mendukung kegiatan tersebut.

BACA JUGA: Dukung Persiapan Indonesia di World Expo 2025 Osaka, Bappenas Gelar Kompetisi Maskot

“Untuk kondisi normal, lintasan Lembar-Padangbai dilayani oleh 13 kapal per 24 jam dengan 13 trip pp per hari. Berkoordinasi aktif dengan BPTD dan stakeholder lainnya dalam mendukung kelancaran layanan juga telah disiapkan skenario apabila terjadi lonjakan penumpang, maka sesuai dengan kewenangan BPTD, jumlah kapal yang beroperasi akan ditingkatkan menjadi 18 unit per jam, dengan total 18 trip," ujar General Manager ASDP Cabang Lembar, Agus Djoko.

"Dan jika kondisi sangat padat, maka akan menggunakan skenario pengoperasian seluruh kapal yang standby operasi sebanyak 23 unit kapal sesuai pengaturan BPTD, dengan total 23 trip pp yang akan mengangkut seluruh penumpang dan kendaraan," imbuh Agus.

Shelvy menambahkan seluruh pengguna jasa diharapkan untuk memiliki tiket sebelum tiba di pelabuhan dan memastikan bahwa data diri yang dimasukkan ke dalam aplikasi telah sesuai dengan data identitas diri yang berlaku.

Diketahui, akselerasi digitalisasi pembelian tiket feri di Pelabuhan Lembar telah dilaksanakan sejak Agustus 2023 lalu dengan menggunakan domain berbasis website trip.ferizy.com.

Selain memastikan operasional pelabuhan, ASDP juga menghadirkan layanan customer service (CS) di Pelabuhan Lembar dalam rangka meningkatkan kenyamanan para pengguna jasa. Layanan ini bertujuan untuk merespons keluhan pelanggan terkait layanan di area pelabuhan dan kapal secara langsung.

“Dengan menyediakan layanan customer service ini, kami berharap keluhan atau masukan penumpang yang berkaitan dengan layanan pelabuhan maupun penyeberangan dapat disampaikan secara langsung, sehingga mampu diselesaikan lebih cepat,” seru Agus.

Sebagai langkah awal, CS Pelabuhan Lembar akan melayani penumpang hingga pukul 22.00 WITA. Ke depan, layanan CS akan dibuka selama 24 jam penuh dengan petugas jaga secara bergantian.

ASDP berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh penumpang dan mendukung kelancaran pelaksanaan Asian Road Racing Championship 2024 di Mandalika, Lombok-Nusa Tenggara Barat.


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler