Anwar Hafid Mendapat Tempat di Hati Masyarakat Sulteng Berkat Program Prorakyat

Minggu, 21 Juli 2024 – 08:10 WIB
Cagub Sulteng Anwar Hafid. Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Calon Gubernur Sulawesi Tengah Anwar Hafid dinilai telah mendapat tempat di hati rakyat Sulteng karena inisiatifnya dalam menciptakan program prorakyat. Program ini tidak hanya sekadar wacana, melainkan telah mampu memengaruhi preferensi pemilih dengan positif.

“Karena dia menciptakan program untuk rakyat itu, maka masyarakat meluapkan preferensi pilihannya di situ,” kata pengamat politik Universitas Tadulako Nuralam dalam keterangannya, Sabtu (20/7). 

BACA JUGA: Serahkan 60 Surat Rekomendasi Menjelang Pilkada, AHY Bicara Kans Kemenangan

Menurut Nuralam, meskipun ada yang masih meragukan, tetapi Anwar Hafid telah membuktikan kemampuannya dengan menjalani dua periode kepemimpinan yang sukses di Morowali. 

Sebab, diketahui program-program yang dibawa Anwar Hafid saat ini merupakan adaptasi dari kemajuan yang dia hadirkan untuk Morowali dalam kepemimpinannya sebagai bupati selama satu dekade di sana. 

BACA JUGA: Anwar Hafid Representasi Pemimpin yang Mewakili Rakyat

“Tentu saja ada yang tidak percaya, tetapi nyatanya dia dua periode (di Morowali) dan setelah itu seluruh bangunan politik yang dia bangun dipercaya sampai sekarang,” kata Nuralam. 

Keberhasilan Anwar Hafid dalam memenangkan hati masyarakat tidak hanya berdasarkan prestasinya di masa lalu, tetapi juga atas komitmennya dalam menghadirkan solusi-solusi konkret bagi kepentingan rakyat. Terutama soal kepentingan dasar masyarakat, yakni mengenai masalah pendidikan dan kesehatan. 

BACA JUGA: Pekerja Kebun Sawit Diterkam Harimau saat Kencing, Diseret, Kepala dan Badan pun Pisah

Dari keseluruhan program yang dia bawa, Berani Cerdas dan Berani Sehat merupakan dua program paling diminati masyarakat. 

Lewat program Berani Cerdas, Anwar Hafid meluncurkan inisiatif Sulteng NAMBASO (Anak Miskin Bisa Sekolah), yang menjanjikan kesempatan bagi anak-anak kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Anak-anak ini diberi opsi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dengan biaya ditanggung pemerintah atau memilih bekerja sesuai minat dan bakat, tetapi sebelumnya mereka akan dilatih di Balai Latihan Kerja (BLK) agar kompetensinya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Di sisi lain, Berani Sehat menjadi fokus utama Anwar Hafid dengan meningkatkan layanan kesehatan di Sulteng. 

Politikus senior Partai Demokrat ini berencana memberikan cakupan BPJS Kesehatan gratis untuk pasien kelas III, serta merancang pembangunan rumah sakit berstandar internasional di Sulteng. 

Upaya ini diperkuat dengan rekrutmen tenaga dokter ahli dari luar daerah dengan insentif menarik, untuk memperkuat sistem kesehatan regional.

Oleh karena program prorakyat itu, Nuralam mengatakan bahwa Anwar Hafid berhasil meyakinkan publik untuk mendukung dirinya. 

Harapan publik kepada Anwar Hafid jauh lebih tinggi ketimbang kandidat lainnya. 

"Pak Anwar (berhasil) meyakinkan masyarakat. Harapan publik itu kepada Pak Anwar Hafid jauh lebih tinggi," kata Nuralam. (*/boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler