AP II Sediakan Area Parkir Inap Bagi Ribuan Kendaraan

Kamis, 21 Juni 2018 – 04:14 WIB
Bandara Internasional Soekarno Hatta. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, TANGERANG - Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah menyediakan fasilitas Transit Oriented Development (TOD) serta parkir inap untuk memudahkan para calon penumpang, terutama selama Idul Fitri 1439 H.

Transit Oriented Development (TOD) merupakan sebuah kawasan yang dipersiapkan untuk memindahkan penumpang yang menggunakan kendaraan pribadi menuju Bandara International Soekarno-Hatta.

BACA JUGA: Menhub Imbau Warga Bekasi & Sekitarnya Manfaatkan KA Bandara

Adapun transportasi yang disiapkan oleh pengelola bandara adalah armada bus yang menghubungkan TOD menuju Terminal 1, 2, dan 3 serta menuju Stasiun Kereta Bandara dan perkantoran di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Fasilitas bus yang disediakan juga tidak dipungut biaya alias gratis.

Gedung TOD yang berdiri di atas lahan seluas 4.600 m2 ini kedepannya akan dilakukan perluasan lahan menjadi 6.100 m2.

BACA JUGA: Kereta Bandara Diuji Coba dari Stasiun Bekasi

"Langkah ini perlu diambil guna mengantisipasi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor yang akan parkir di TOD," ujar Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Wakan.

Dia menjelaskan, hingga saat ini, lahan parkir secara keseluruhan diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda dua. Nantinya setelah dilakukan pengembangan, diharapkan TOD mampu menyediakan 7.500 parkir kendaraan roda dua dan 192 parkir mobil.

BACA JUGA: Lonjakan Pemudik Tertinggi di Bandara Soetta H-7

"Nantinya fasilitas parkir akan menggunakan sistem knock down 4 tingkat," jelasnya.

TOD ini terdiri dari gedung tiga lantai serta lahan parkir kendaraan bermotor. Sejak dioperasikan pada Februari 2018, animo masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas ini terus meningkat. Angkasa Pura II selaku pengelola TOD mempersiapkan 4.100 lahan parkir untuk kendaran roda dua.

Sedangkan untuk layanan parkir inap, Angkasa Pura II telah menyediakan sejumlah lokasi bagi para pengguna jasa fasilitas parkir inap.

"Dengan total lahan parkir sebanyak 1.077 lot dan waktu operasional parkir 24 jam, para penumpang tidak perlu khawatir akan ketersediaan lot parkir," kata dia.

Adapun tarif parkir inap Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah Rp 30 ribu untuk 4 jam pertama, lalu kemudian berikutnya akan dikenakan tarif progresif untuk penambahan jam parkir setiap 1 jam yaitu sebesar Rp 6.000 dengan mekanisme sistem pembayaran melalui E-payment yang sudah bisa dilakukan pada sejumlah bank seperti Mandiri, BNI, BRI dan BCA.(chi/jpnn)

Berikut titik-titik parkir inap di Bandara Soekarno-Hatta:

1. Parkir Inap 1 Timur berlokasi di samping Tower LPPNPI, kapasitas 488 lot.

2. Parkir Inap 2 Barat berlokasi di depan Stasiun Kereta Bandara, kapasitas 347 lot.

3. Parkir Inap Tambahan T2 berlokasi di dekat parkir musholla, kapasitas parkir 162 lot.

4. Parkir Inap Tambahan T1 berlokasi di ex Pangkalan Damri, kapasitas 80 lot.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Angkasa Pura I dan II Siap Hadapi Lonjakan Penumpang


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler