Apa Anda Mengalami Gejala Kehamilan yang Aneh? Jangan Khawatir

Sabtu, 18 Juni 2016 – 11:11 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Fox News

Bila Anda sedang hamil maka hormon-hormon di dalam tubuh Anda bisa berubah yang membuat munculnya banyak gejala-gejala diluar normal. Ada beberapa wanita yang mengalami perubahan sangat drastis dan ada yang tidak mengalami perubahan.

Nah, bila Anda mengalami satu atau beberapa gejala yang serupa dibawah ini, itu sangatlah wajar dan janganlah takut, sebab banyak wanita lain yang mengalaminya, gejala seperti apa yang paling aneh dalam kehamilan? Simak paparan berikut ini

1. Kelebihan keputihan

Keputihan atau peningkatan keputihan adalah umum dan terjadi karena perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan.

"Hormon-hormon menyebabkan kelenjar dalam Ms. V untuk memiliki peningkatan produksi sekresi yang kemudian memanifestasikan dirinya sebagai keputihan," kata ob-gyn, Dr. Kelly Kasper, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (16/6).

Keputihan berlebih juga bisa terjadi akibat tanggal jatuh tempo Anda yang semakin dekat karena leher rahim akan mulai matang atau menjadi lembut untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk melahirkan.

Anda tidak perlu khawatir jika keputihan Anda, tapi jika itu menjadi gatal atau menyebabkan bau itu bisa berarti Anda memiliki infeksi jamur.

2. Spotting

Antara 20 dan 40 persen wanita akan memiliki bercak selama trimester pertama dan sebagian besar waktu itu hanya karena lebih banyak darah yang dipompa ke dalam serviks. Bercak juga bisa terjadi karena pendarahan implantasi saat embrio ditanamkan dalam lapisan rahim yang terjadi antara enam dan dua belas hari setelah pembuahan.

Sejumlah kecil berwarna pink atau darah coklat adalah normal tetapi jika itu merah terang atau itu berat seperti periode Anda, hubungi dokter Anda. Perdarahan bisa menunjukkan plasenta previa atau keguguran.

3. Hidung berdarah dan gusi berdarah

Hormon-hormon kehamilan yang meningkatkan suplai pembuluh darah ke seluruh tubuh juga bisa membuat jaringan di hidung dan gusi sensitif. Akibatnya, Anda mungkin memiliki hidung berdarah dan perhatikan bahwa gusi Anda berdarah saat Anda menyikat mereka atau memiliki pembersihan gigi.

Menjalankan humidifier di malam hari dan menggunakan semprotan hidung saline atau gel bisa membantu menjaga hidung Anda lembab. Ketika Anda menyikat gigi, gunakan bulu sikat gigi yang lembut dan sikat lembut.

4. Tag kulit

Tag kulit kecil outpockets atau pertumbuhan kulit berlebih yang muncul di lipatan tubuh seperti leher, ketiak dan pangkal paha biasanya berkembang antara keempat dan enam bulan kehamilan. Meskipun tidak jelas mengapa mereka terjadi, mungkin karena hormon dan berat badan.

5. Jantung berdebar

Volume darah meningkat berarti ada lebih banyak darah untuk jantung untuk memompa ke seluruh tubuh Anda, sehingga jantung Anda harus bekerja lebih keras.

6. Varises di kaki dan vulva

Karena volume darah Anda meningkat dan rahim Anda dan bayi tumbuh, tekanan pada pembuluh darah besar bisa membuat sulit bagi darah untuk beredar kembali ke ekstremitas bawah Anda. Akibatnya, darah bisa menciptakan varises di kaki Anda dan bahkan di vulva Anda.(fny/jpnn)

BACA JUGA: Hati-Hati, Ini Kebiasaan Berbahaya untuk Miss V

BACA ARTIKEL LAINNYA... Buat Perhiasanmu Berkilau Kembali, Ini Caranya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler