Apa Salahnya Buruh Dukung Prabowo di Pilpres 2019?

Rabu, 02 Mei 2018 – 16:22 WIB
Prabowo Subianto di istora Senayan, Jakarta, Selasa (1/5). Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menilai tak ada masalah jika sebuah organisasi buruh mendukung bakal calon presiden tertentu di Pilpres 2019, seperti kepada Prabowo Subianto.

Termasuk seperti yang dilakukan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) kepada Ketua Umum Partai Gerindra itu, Selasa (1/5) kemarin.

BACA JUGA: Ulah Pengguna Kaus #2019GantiPresiden Bisa Merugikan Oposisi

Menurut Taufik, dukung mendukung yang diberikan organisasi buruh bukan hal yang baru. Sebab, tentu ada organisasi yang berafiliasi atau tidak.

"Dalam politik, semua organisasi masyarakat bisa diarahkan kepada afiliasi tertentu. Jadi, jangan disalahkan teori organisasinya," ujar Taufik di gedung DPR, Jakarta, Rabu (2/5).

BACA JUGA: Zulhasan akan Bertemu dengan Gatot Nurmantyo dan Rizal Ramli

Menurut dia, harus dipahami bahwa sekarang ini masa menjelang pesta demokrasi. Karena itu, ujar Taufik, sah saja jika kelompok masyarakat menggalang dukungan.

Apalagi, lanjut Taufik, sekarang ini tidak ada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang melarang kelompok tertentu memberikan dukungan kepada siapa pun.

BACA JUGA: Prabowo: Saya Tidak Ragu, Tak Gentar dan Akan Maju

Maka dari itu, Taufik berpendapat, buruh yang mendukung Prabowo menjadi capres, dan punya deal harus merekrut menteri dari kelompok mereka, merupakan bunga rampai demokrasi. "Karena pemenang dan pemilu pun belum dilaksanakan," katanya.

Menurut Taufik, jika ada bargaining semacam itu maka tidak bisa disalahkan teori organisasinya. "Yang jelas ada yang berafiliasi dan tidak," ungkapnya.

Jangankan buruh, lanjut dia, ada juga organisasi petani, nelayan, seniman melakukan dukung mendukung pada saat perayaan demokrasi. "Apakah mereka dilarang, lihat saja PKPU melarang atau tidak nantinya. Belum ada PKPU silakan berkreativas tetap harus menjaga norma kesatuan dan persatuan," katanya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Kilometer Lagi Zulhasan Bisa jadi Cawapres Prabowo


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler