Apakah 10.000 Langkah Sehari Bisa Membantu Anda Hidup Lebih Lama?

Selasa, 02 Juli 2019 – 23:38 WIB
Berjalan kaki. Foto: Pixabay

jpnn.com - Bagi banyak orang, olahraga adalah permainan angka. Baru-baru ini banyak orang berusaha mencapai 10.000 langkah sehari, angka yang tampaknya ajaib untuk menentukan kebugaran. Bahkan Oprah Winfrey melakukannya.

Tetapi bagaimana jika Anda tidak membutuhkan sebanyak itu untuk mendapatkan peningkatan kesehatan?

BACA JUGA: 6 Manfaat Rutin Berjalan Kaki Setiap Hari

Sebuah penelitian baru-baru ini terhadap wanita lanjut usia menemukan bahwa mereka yang mengambil sekitar 4.400 langkah sehari memiliki risiko kematian yang lebih rendah dalam beberapa tahun mendatang daripada mereka yang paling banyak duduk.

"Apa yang benar-benar menggembirakan bagi para wanita yang lebih tua ini adalah bahwa melakukan sedikit saja hal ini ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan mereka dan mereka benar-benar tidak memerlukan 10.000 langkah sehari untuk mendapatkan manfaat itu," penulis utama I-Min Lee, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School di Boston, seperti dilansir laman Today, Minggu (30/6).

BACA JUGA: Jangan Sepelekan Manfaat Jalan Cepat

"Saya tidak meminta Anda untuk keluar dan berolahraga - hanya bergerak saja," jelas Lee.

Banyak pelacak aktivitas datang dengan 10.000 langkah sehari sebagai tujuan default, tetapi tidak jelas dari mana angka itu berasal, tampaknya tidak ada yang ilmiah atau bermakna tentang hal itu.

BACA JUGA: Haruskan Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Setiap Hari?

Ini kemungkinan berasal dari nama pedometer yang dijual pada tahun 1965 di Jepang yang disebut "Manpo-kei," yang diterjemahkan menjadi "10.000 langkah meter" dalam bahasa Jepang. Seorang peneliti juga pernah mengatakan kepada Lee bahwa karakter Jepang untuk nomor 10.000 terlihat seperti pria yang berjalan, dan seorang jurnalis mengatakan bahwa 10.000 adalah angka keberuntungan di negara itu. Beberapa ahli mengatakan bahkan tujuan itu - yang setara dengan sekitar 5 mil - tidak cukup untuk membuat seseorang menjadi bugar atau menurunkan berat badan.

Tetapi bagi banyak orang, mengambil 10.000 langkah sehari mungkin tidak bisa dilakukan - dengan jumlah rata-rata untuk orang Amerika mendekati 4.000-5.000 langkah sehari.

Lee ingin tahu apakah orang tua benar-benar membutuhkan tujuan yang lebih ambisius, atau apakah mereka masih bisa mengambil manfaat dari langkah yang diambil selama pekerjaan rumah atau berkebun.

Studi sebelumnya telah menemukan setiap latihan sedikit menambah hidup lebih lama, lebih sehat.

Studi ini didasarkan pada data dari 16.741 wanita yang memakai penghitung langkah selama seminggu.

Para peserta, yang rata-rata berusia 72 tahun ketika studi dimulai, diikuti selama empat tahun ke depan.

Ketika mereka dibagi menjadi empat kelompok, dari yang paling tidak aktif ke yang paling aktif, itu membuat wanita di kelompok kedua dari bawah - yang mengambil sekitar 4.400 langkah sehari - adalah 41 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal selama masa tindak lanjut daripada wanita dalam kelompok paling tidak aktif yang mengambil sekitar 2.700 langkah sehari.

Angka kematian semakin menurun dengan lebih banyak aktivitas, tetapi berkurang di angka 7.500 langkah sehari.

Intensitas melangkah tidak membuat perbedaan. Dengan kata lain, ketika dua orang mengambil jumlah langkah yang sama per hari, tetapi satu langkah lebih lambat dan yang lainnya lebih cepat, itu tampaknya tidak masalah. Yang dihitung adalah angkanya saja.

Temuan ini kemungkinan juga berlaku untuk pria yang lebih tua, tetapi tidak jelas apakah mereka akan berlaku untuk orang yang lebih muda atau mereka yang lebih aktif, kata Lee, menambahkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan dalam kelompok tersebut.

Rata-rata orang berbadan sehat biasanya mencapai sekitar 2.500 langkah sehari hanya dengan melakukan fungsi dasar sehari-hari seperti pergi ke kamar mandi, berjalan-jalan di rumah, menerima surat, dan sebagainya.

Menambahkan hanya 2.000 langkah ke rutinitas itu - setara dengan berjalan 1 mil sepanjang hari - sangat bisa dilakukan dan secara signifikan dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Para ahli merekomendasikan untuk bergerak setiap 30 menit setidaknya selama satu menit untuk mengurangi bahaya duduk sepanjang hari.

Berjalan-jalanlah di taman, lakukan lebih banyak pekerjaan rumah, bermain dengan hewan peliharaan Anda - idenya adalah membuat gerakan otomatis, seperti menyikat gigi di pagi hari.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Manfaat Jalan Kaki Setelah Makan


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler