Apakah Ezra Walian Langsung Diturunkan Sore Nanti?

Selasa, 21 Maret 2017 – 07:35 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-22 Ezra Walian saat melakukan tes lapangan di stadion Pakansari, Cibinong, Bogor (20/03/2017). Foto: WAHYUDIN/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 5/PWI Tahun 2017, mengabulkan permohonan Ezra Walian sebagai warga negara Indonesia.

Dengan adanya Kepres tersebut, maka Ezra secara otomatis bisa diturunkan bersama Evan Dimas dan kawan-kawan dalam laga uji coba Timnas Indonesia melawan Myanmar sore nanti.

BACA JUGA: Luis Milla, Buktikan! 3-0

Direktur Media dan Hubungan Internasional PSSI, Hanif Thamrin mengatakan, menurut regulasi Asian Football Confederation (AFC) seorang pemain naturalisasi bisa langsung dimainkan tanpa harus menunggu sumpah.

"Karena syarat utamanya adalah mendapatkan persetujuan presiden dari setiap negara pemain itu. Dan, Ezra sudah bisa dimainkan kalau sudah mendapat Kepres dari Presiden Joko Widodo," kata Hanif, siang kemarin (20/3).

BACA JUGA: Ezra: Good..Good

Gayung bersambut, tadi malam pukul 19.00 Wib, Presiden Joko Widodo menerbitkan Kepres untuk mengesahkan kewarganegaraan Ezra tersebut.

Hanya aja, dalam Kepres tersebut, Ezra sudah harus melakukan prosesi pengambilan sumpah dan janji setia kepada negara dalam tiga bulan ke depan.

BACA JUGA: Pyarrr! Kaca Bus Timnas Indonesia pun Pecah

Apabila itu tidak dilakukan, maka secara otomatis, kepres pengangkatannya dari warga negara Belanda sebagai warga negara Indonesia itu akan batal dengan sendirinya.

Selain itu, status kewarganegaraan Indonesia Ezra juga akan batal bila di kemudian hari, diketahui ada data dan informasi yang sengaja dipalsukan.

Seperti yang diketahui, Ezra adalah striker Ajax Amsterdam U-21 yang lahir dari seorang ayah asal Manado dan ibu berwarga negara Belanda, di Amsterdam pada 22 Oktober 1997 silam.

Sementara itu, Luis Milla sendiri merasa senang dengan tuntasnya proses administrasi Ezra Walian sebagai warga negara Indonesia itu.

Sebab, di mata Milla, Ezra adalah pemain berbakat dan memiliki kualitas.

"Dan paling penting adalah, dia bisa bermain dalam sistem yang sudah kami terapkan. Saya punya banyak pilihan di lini depan," ujar Milla.(ben)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Keppres Beres, Ezra Walian Boleh Debut Lawan Myanmar


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler