Api PON Diambil Dari Sumur Minyak

Jumat, 07 September 2012 – 09:05 WIB
MINAS-- Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP dan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat, Tono Suratman dipercaya untuk mengambil api dari sumur minyak pertama Minas Kabupaten Siak. Prosesi pengambilan api PON berlangsung khidmat dengan dihadiri forum koordinasi pimpinan daerah (Fokorpimda), Bupati Siak Syamsuar, Kamis (6/9).

Minas dipilih sebagai tempat penyulutan api PON Riau karena memiliki nilai historis sebagai salah satu sumur eksplorasi minyak pertama di Provinsi Riau yang aktif sejak tahun 1950 hingga saat ini. Pasca pengambilan, api PON diarak sampai ke pelosok daerah se Riau.

Api yang telah dinyalakan pada obor itu selanjutnya dikirab menuju lapangan Sepakbola Minas guna menggelar upacara penyulutan api obor. Kemudian simbol semangat menggelorakan PON titu diserahkan ke Provinsi Riau dan Kabupaten/Kota se Riau.

Api PON diserahkan oleh Sub Bidang Kirap Api PON Riau Mayor Marwan dalam sebuah apel singkat, kepada Gubri HM Rusli Zainal dan Bupati Wali Kota yang selanjutnya dilepas oleh Ketua KONI pusat bersama Gubri ke Walikota/Bupati se Riau.

Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP saat menjadi Inspektur upacara mengatakan api PON merupakan simbol penyemangat bagi para atlet yang akan bertanding di ajang PON XVIII tersebut.

"Penyulutan api PON sebagai simbol bagaimana kita mengobarkan semangat PON di Riau. Ini diperlukan untuk suksesnya penyelenggaraan amanah dari Pemerintah Pusat," tutur Gubri.

Dia menambahkan, pemilihan Kabupaten Siak karena memiliki historikal yang penting bagi masyarakat Riau. Bahkan itu memiliki esensi positif sebagai simbol penghasil minyak terbesar di Republik Indonesia.

"Dengan pengambilan api PON dari sumber gas alam pertama di ladang minyak diharapkan dapat semakin menambah semangat bagi para atlet yang berlaga di PON ini. Sehingga semangat mempererat persatuan dan kesatuan dengan olahraga dapat direalisasikan secara optimal," imbuh Ketua Umum PB PON Riau itu.

Sementara penyulutan api PON dan disebarkannya ke Kabupaten dan Kota ini bermakna sebagai bagian awal dari pelaksanaan PON XVIII. Momen tersebut juga bernilai positif untuk suksesnya penyelenggaraan yang akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono tanggal 11 September mendatang di stadiun utama Riau.

Setiba dikantor Gubri, Api PON disemayamkan di gedung lantai 9 Kantor Gubernur Riau di jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. Prosesi tersebut, dihadiri Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit dan sejumlah SKPD di lingkungan Pemprov Riau.

Dalam sambutanya Wagubri berharap seluruh masyarakat menggelorakan PON hingga kesudut-sudut Kota. Komitmen ini juga sebagai wujud semangat dalam merealisasikan catur sukses PON.

"Api PON Akan dibawa ke Main Stadium saat opening ceremony. Untuk itu,mari kita bersama beri dukungan untuk suksesnya PON di Provinsi Riau," imbuh Wagubri.(rio)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Lorenzo Kuasai Hari Terakhir

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler