Apple AirPods Pro Resmi Meluncur di Pasaran, Apa Istimewanya?

Rabu, 30 Oktober 2019 – 23:11 WIB
Apple AirPods Pro. Foto : Apple

jpnn.com - APPLE akhirnya meluncurkan AirPods Pro dengan harga yang ditawarkan USD 249 atau setara Rp 3,5 juta.

Earphone tersebut kabarnya akan tersedia hari ini (30/10). Namun sayangnya AirPods hanya baru dijual untuk pasar Amerika Serikat saja.

BACA JUGA: Diklaim Lebih Mumpuni, AirPods Terbaru Segera Dirilis

Perangkat ini bukanlah pengganti dari AirPods yang sudah meluncur terlebih dahulu. Sesuai namanya, versi itu akan hadir lebih premium dibanding sebelumnya salah satunya adalah fitur utama bernama ANC (active noise cancellation), fitur tahan air dan beberapa fitur unik lainnya.

Active Noise Cancellation sejatinya bukan sebuah fitur yang benar-benar baru. Fitur itu menggunakan dua mikrofon, satu bagian luar, sementara yang lainnya ditempatkan di dalam earphone.

BACA JUGA: Apple Hapus 17 Aplikasi di App Store yang Terinfeksi Malware

Untuk mikrofon bagian luar bertugas memonitor boise di sekitar pengguna dan mengeluarkan sinyal audio untuk membalikkan noise tersebut.

Sedangkan mikrofon di bagian dalam bisa mengatur suara yang dihasilkan oleh earphone.

Mikrofon itu akan menyesuaikan noise cancellation pada masing-masing bagian earphone, tergantung seberapa besar noise yang masuk

Apple mengatakan, perangkat ini bisa memonitor bising secara terus menerus disesuaikan pada 200 kali per detik untuk suara yang benar-benar mendalam.

AirPods Pro juga hadir dengan fitur bernama Transparency. Pada dasarnya, fitur ini menggabungkan suara di sekitar dengan suara background yang masuk dengan audio yang dapat didengar penggunanya.

Intinya, pengguna tetap bisa mendengarkan sekitar mereka meski sedang mendengarkan musik dari AirPods Pro ini.

Dilaporkan dari Gizmochina, Rabu (30/10), tangkai AirPods Pro didesain untuk sensitif terhadap tekanan. Pengguna bisa meremasnya untuk mengaktifkan beberapa fungsi di earphone ini.

Misalnya, dengan ditekan dan tahan, pengguna dapat membatalkan mode ANC dan masuk ke mode Transparency.

Tekan sekali untuk menghentikan lagi, dua kali untuk melompati lagu dan tekan tiga kali untuk melompatinya lagi.

Di dalam AirPods Pro tertanam prosesor audio H1. Prosesor serupa juga ditemukan pada AirPods generasi sebelumnya.

Chip kustom ini memungkinkan AirPods Pro memiliki latensi yang rendah ketika memproses audio, noise cancellation dan Siri.

Menariknya, AirPods Pro itu mempunyai fitur Ear Tip Fit Test. Fitur ini akan menggunakan mikrofon internal untuk mengukur level suara. Selain itu, fitur ini juga akan mengatakan pada pengguna jika mereka sudah memilih ukuran eartip yang benar.

Kemudian baterai yang ditanam pada AirPods Pro ini juga diklaim bisa bertahan hingga 4,5 jam dengan fitur noise cancellation dan 5 jam tanpa fitur tersebut.

Sementara jika menggunakannya untuk menelepon, pengguna akan mendapatkan durasi selama 3,5 jam dengan fitur noise cancellation. Apple menyebutkan perangkat ini akan tersedia di 25 negara, termasuk Amerika Serikat. (mg9/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler