Apple Resmi Luncurkan Mini iPad

Rabu, 24 Oktober 2012 – 13:41 WIB
LONDON - Produsen smartphone Apple Inc resmi meluncurkan versi terkecil dari iPad pada Selasa (23/10). Mini iPad ini sekaligus menandai penetrasi Aplle di segmen tablet ukuran kecil.

Produk baru yang berukuran 7,9 inchi ini diharapkan mampu meramaikan pasar tablet yang selama ini didominasi pesaing terbesarnya Samsung Electronics. Dengan berat hanya 0,3 kg atau 3 ons, tablet mini tersebut diumumkan secara resmi pada sebuah acara yang digelar di California.

Mini iPad Apple memiliki memori internal 16 GB dan dijual seharga £269 atau sekitar Rp4,1 juta di Inggris dan bakal tersedia pada awal November tahun ini. Mini iPad akan bersaing langsung dengan tablet serupa yang baru-baru ini diluncurkan oleh Google, Amazon, Samsung dan produsen lainnya.

"Perangkat ini 23 persen lebih tipis dan 53 persen lebih ringan daripada iPad generasi ketiga, yang dirilis pada bulan Maret tahun ini," ujar Wakil Presiden pemasaran Apple Phil Schiller seperti dikutip BBC, Selasa (24/10).

Peluncuran Mini iPad ini sekaligus mengakhiri spekulasi selama ini jika perusahaan ini bakal mengeluarkan versi terbaru iPad. Pendiri Apple, Steve Jobs sebelumnya sempat mengungkapkan, smartphone dalam bentuk tablet "terlalu kecil". Namun, rupanya kebijakan perusahaan berubah ketika menghadapi tekanan dari pesaing terdekatnya yang sudah menawarkan smartphone lebih kecil, dan yang lebih penting lagi dengan harga lebih murah.

Di Inggris sendiri, gadget ini bakal menghadapi produk Amazon terbaru Kindle Fire HD dan Google Nexus 7 yang dijual hanya £159 atau sekitar Rp2,4 juta. "Penting bagi kami sebuah perangkat yang mampu digenggam dengan satu tangan. Ini cara baru untuk Apple untuk menanggapi pesaing," ungkapnya.

Beberapa analisis menilai munculnya iPad Mini merupakan indikator kekhawatiran Apple kehilangan kendalinya atas pasar yang telah mendominasi dalam beberapa tahun terakhir.
Apalagi sebelumnya, Apple  yang nyaman dengan penetrasi komputer Mac rumahan, menemukan berbaliknya pasar komputer oleh Microsoft yang didukung OS Windows. Kesadaran ini membuat perusahaan untuk menghindarinya di pasar smartphone.

Selain pilihan 16 GB,  versi IPad Mini wi-fi akan memiliki harga eceran sekitar 349 poundsterling untuk 32 GB atau sekira Rp5,3 juta dan £429 atau Rp6,6 juta untuk 64 GB. Perangkat ini juga mendukung konektivitas data 3G dan 4G. Apple juga mengumumkan generasi keempat iPad ukuran original dengan sejumlah perbaikan di bidang grafis dan kecepatan prosesnya, hanya dua hari sebelum Microsoft menampilkan tablet Surface-nya.

iPad baru ini dilempar ke pasaran dengan harga USD499.Tablet kecil ini juga menjadi tonggak piranti pertama yang ditambahkan Apple di bawah kepemimpinan Chief Executive baru Tim Cook pasca meninggalnya Steve Jobs. Saingan utama Apple di pasar tablet ukuran kecil adalah Amazon yang telah membuktikan tablet berukuran 7 inchi di kisaran harga USD200 lebih memikat konsumen. Kindle Fire diluncurkan tahun lalu dengan harga USD199 dan menjadi salah satu gagdet terlaris.(esy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Xperia Keluaran 2011 Tak Bisa Cicipi Jelly Bean

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler