April, ISL U-21 Bergulir

Kamis, 07 Maret 2013 – 04:46 WIB
JAKARTA - PT Liga Indonesia (PT LI) akan kembali memutar kompetisi Indonesia Super League (ISL) U-21 pada 27 April mendatang. Kompetisi yang bertujuan untuk pembinaan usia muda itu akan diikuti oleh 20 klub.

Jumlah 20 klub memang tidak seiring dengan peserta klub ISL yang hanya berisi 18 klub. Dua klub tambahan yang masuk dalam ISL U-21 ini adalah dua tim Divisi Utama, Deltra Putra Sidoarjo (Deltras) dan Persisko Tanjabar.

CEO PT LI Joko Driyono menyebutkan regulasi menyertakan klub Divisi Utama memang tidak dilarang. Bahkan, PT LI yang menawarkan kepada klub Divisi Utama. Nah, dari 20 klub yang ikut, mereka nanti akan dibagi menjadi lima grup dengan pembagian yang merata di setiap grup dengan masing-masing diisi empat tim.

"Kami tawarkan siapa klub Divisi Utama yang ingin ikut. Ada lima klub memutuskan untuk ikut tapi masih harus disaring dan terpilih dua," ujarnya, Rabu (6/3).

Manajer Administrasi kompetisi PT LI Darwis Satmoko menjelaskan, penyaringan terhadap klub-klub Divisi Utama lainnya, PSMS Medan, Persikad Depok, dan Persibo Bondowoso dengan beberapa pertimbangan. Klub dilihat kesiapannya dari materi dan finansial, sehingga hanya Deltras dan Persisko Tanjabar yang lolos.

Mengenai format, ada perbedaan dari tiap grup. Grup II dan III menggunakan system home and away, sementara grup I, IV dan V menggunakan system home tournament.

Darwis memaparkan bahwa pertimbangan perbedaan itu lebih berdasarkan kepada faktor geografis. "Grup II dan III kan satu tim di Jawa, secara transportasi murah. Bsia jalan darat. Kalau grup lainnya, posisinya jauh, jadi digunakan sistem home tournament untuk mengirit biaya," tandasnya.

Untuk pemain yang bisa didaftarkan, hanya pemain kelahiran maksimal Januari 1992. Lebih lanjut Darwis menjelaskan, Kompetisi ISL U-21 akan menggelar empat babak. Babak penyisihan (dua putaran), digelar 27 April-16 Juni, juara grup dan tiga runner-up terbaik akan lolos ke babak 8 besar.

Babak 8 besar akan dibagi dalam dua grup dengan format home turnament, digelar pada 19-25 Agustus. Sedangkan juara dan runner-up masing-masing grup akan bertemu di semi final, 1 September. Terakhir, partai final akan berlangsung pada 5 September.(aam)

Grup I       : Sriwijaya FC, PSPS Pekanbaru, Persita Tangerang, Persisko
Grup II      : Persib, Pelita Bandung Raya, Persela Lamongan, Deltras
Grup III     : Persija, Gresik United, Arema Indonesia, Persepam MU
Grup IV    : Persisam, Persiba, Mitra Kukar, Barito Putera
Grup V     : Persipura, Persiwa, Persidafon, Persiram

BACA ARTIKEL LAINNYA... Messi Optimistis Barca Lolos ke Perempat Final Liga Champions

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler