ARA 2023 Dorong Governansi dan Keberlanjutan Perusahaan

Kamis, 10 Oktober 2024 – 18:39 WIB
Annual Report Award (ARA) 2023 mendorong governansi dan keberlanjutan perusahaan. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama sejumlah instansi terkait sukses menyelenggarakan acara tahunan Annual Report Award (ARA) 2023 di Main Hall BEI, Senin (7/10).

Acara ini bertujuan untuk mendorong transparansi dan penerapan prinsip-prinsip good corporate governance ini, memasuki tahun ke-19 sejak pertama kali digelar pada 2002.

BACA JUGA: Terapkan GCG & Prinsip Bisnis Keberlanjutan, bank bjb dan bank bjb Syariah Raih ARA 2023

Ketua Panitia Pengarah ARA 2023, Mardiasmo mengungkapkan bahwa penghargaan ini berperan penting dalam meningkatkan praktik keterbukaan informasi dan keberlanjutan dalam laporan tahunan perusahaan.

"ARA bertujuan untuk menilai keterbukaan informasi serta penerapan governance dan keberlanjutan perusahaan dalam laporan tahunan. Kami berharap ini bisa mendorong perusahaan untuk lebih transparan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (10/10).

BACA JUGA: Wujudkan Transparansi & Akuntabilitas Tata Kelola Perusahaan, Pupuk Kaltim Raih Juara 1 ARA 2023

Dengan tema “Internalizing Integrated Mindset Toward Sustainable Long Term Value Creation”, ARA 2023 mengedepankan pentingnya integrasi aspek keberlanjutan dalam strategi dan proses bisnis perusahaan.

Mardiasmo menambahkan bahwa perusahaan-perusahaan di Indonesia harus semakin memperkuat transparansi tidak hanya dalam kinerja finansial tetapi juga praktik keberlanjutan.

BACA JUGA: Bank Mandiri Kembali Raih Juara 1 Perusahaan Go Publik Keuangan ARA 2023

“Kami berharap integrasi keberlanjutan dalam perencanaan strategis perusahaan dapat menciptakan nilai jangka panjang,” tambahnya.

Tahun ini, ARA 2023 diikuti oleh 167 peserta yang dibagi ke dalam 11 kategori, meliputi sektor perusahaan go public keuangan dan non-keuangan, BUMN, BUMD, serta perusahaan syariah.

Dalam kategori Go Public Keuangan, penghargaan Juara 1 diberikan kepada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) meraih posisi Juara 2.

Sementara itu, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dinobatkan sebagai Juara Umum ARA 2023. Selain itu, kategori Go Public Non Keuangan juga memberikan penghargaan kepada PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT) sebagai Juara 1, dengan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) meraih Juara 2.

Mardiasmo juga menekankan pentingnya peran perusahaan dalam memastikan bahwa standar keterbukaan informasi yang ditetapkan oleh regulasi terus diikuti.

“Kriteria ARA disusun dengan mengakomodasi ketentuan terkait pengungkapan informasi dan best practices dalam corporate governance,” tuturnya.

Acara ini merupakan hasil kerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Pajak-Kementerian Keuangan, Komite Nasional Kebijakan Governansi serta Ikatan Akuntan Indonesia. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
ARA 2023   Bursa Efek Indonesia   BEI   BUMN   Bumd  

Terpopuler