Arab Saudi vs Timnas Indonesia: Gerbang Menuju Piala Dunia

Kamis, 05 September 2024 – 09:40 WIB
Timnas Indonesia akan mengawali perjuangan menuju Piala Dunia 2026 dengan bertandang ke markas Arab Saudi. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JEDDAH - Timnas Indonesia akan mengawali perjuangan menuju Piala Dunia 2026 dengan bertandang ke markas Arab Saudi.

Skuad Garuda bakal menghadapi The Green Falcons di laga perdana babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

BACA JUGA: Menjelang Arab Saudi vs Timnas Indonesia, Shin Tae Yong Bangkitkan Kenangan Masa Lalu

Laga krusial Arab Saudi vs Indonesia akan dihelat di Stadion King Abdullah Sport City, Jeddah, Kamis (5/9/2024) malam waktu setempat atau Jumat (6/9/2024) dini hari WIB.

Upaya Indonesia untuk mewujudkan mimpi ke Piala Dunia 2026 tidaklah mudah. Di babak ketiga ini, Skuad Garuda tergabung di Grup C bersama sejumlah tim besar Asia.

BACA JUGA: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jay Idzes tak Ciut dengan Nama Besar Arab Saudi

Selain Arab Saudi, armada Shin Tae Yong akan bersaing dengan Jepang, Australia, China, dan Bahrain.

Dengan komposisi tersebut, Indonesia dianggap menjadi tim terlemah di Grup C.

BACA JUGA: Jadwal Arab Saudi vs Timnas Indonesia: Langkah Krusial Garuda

Namun, tak ada kata lain selain maju. Skuad Garuda wajib menghadapi segala rintangan di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sejarah Wakil Asia Tenggara di Babak Ketiga

Sejarah mencatat, belum ada satu pun wakil Asia Tenggara yang berhasil lulus dari babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Thailand dan Vietnam menjadi wakil Asia Tenggara terakhir yang berada di fase ini. Hasilnya, dua raksasa ASEAN itu menjadi bulan-bulanan.

Situasi serupa bisa saja menghampiri Timnas Indonesia mengingat ini pengalaman perdana Skuad Garuda berpijak di babak ketiga.

Namun, Indonesia kini memiliki kedalaman skuad cukup baik. Kombinasi pemain keturunan dan lokal membuat Shin Tae Yong punya banyak opsi menyusun formasi terbaik.

Indonesia bahkan diperkuat pemain, seperti Jay Idzes yang merumput di Serie A, salah satu liga sepak bola paling bergengsi di dunia.

Belum lagi nama-nama, seperti Calvin Verdonk, Thom Haye, hingga Ivar Jenner yang aktif bermain di Liga Belanda.

Mereka akan bahu-membahu dengan pemain-pemain lokal potensial, macam Rizky Ridho, Marselino Ferdinan, sampai Asnawi Mangkualam.

Hasil imbang dari markas Arab Saudi rasanya sudah cukup bagus bagi Timnas Indonesia untuk menaikkan kepercayaan diri dan menyambut laga-laga berikutnya.

Seusai menghadapi Arab Saudi, Jay Idzes dan kawan-kawan akan menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 10 September mendatang.(mcr15/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler