Arema Jajal Formasi Beda

Rabu, 06 Maret 2013 – 07:55 WIB
MALANG – Arema Indonesia tengah menjajal pola formasi berbeda jelang persiapan akhir sebelum ladub ke Gresik. Selasa (5/3), headcoach Rahmad Darmawan (RD) melatih skuad berjuluk Singo Edan untuk menjalankan formasi yang sebelumnya jarang dipakai dalam pertandingan.

“Hari ini kita menitikberatkan pada taktikal dan pembelajaran pola formasi yang berbeda,” ungkap RD kepada Malang Post (Grup JPNN) usai latihan di lapangan luar kompleks Stadion Gajayana.

Pelatih berusia 46 tahun tersebut menjajal formasi dengan lima defender di belakang, tiga center back serta dua wing back. Tiga defender tengah seperti Thierry Gathuessi, Munhar dan Victor Igbonefo saling koordinasi membendung serangan, sementara dua winger seperti Alfarizi, Benny Wahyudi dan Hasyim Kipuw menjadi “seterika” untuk maju membantu serangan dan mundur menjaga pertahanan.

Biasanya, RD selalu memakai dua formasi andalan 4-4-2 dengan gelandang flat yang mengandalkan tusukan penetrasi winger serta kombinasi umpan satu dua para gelandang tengah. Atau 4-2-3-1 yang memperkuat lini tengah demi beradu ball possession dengan tim lawan yang cenderung memiliki gelandang kuat.

Namun kali ini, sepertinya formasi 3-5-2 dengan dua sayap yang memiliki tugas ganda juga dilatih dalam tim. Besar kemungkinan, tactician asal Metro Lampung itu ingin memperbanyak senjata sebelum menghadapi GU agar strategi Arema tak mudah ditebak oleh duet asisten pelatih Suwandi HS dan Khusairi.

“Ya bisa dilihat sendiri, itu yang berbeda dalam latihan formasi hari ini, ada lima bek,” ujar RD singkat, tanpa mau menjelaskan mengapa melatih formasi baru.

Namun, dengan sesi latihan formasi berbeda ini, pelatih yang berkediaman di Tangerang itu cukup yakin Arema bisa menangkal agresivitas barisan penyerang GU, seperti Aldo Barreto, Matsunaga Shohei, Gustavo Chena hingga Siswanto.

Namun, latihan pagi kemarin bukanlah latihan terakhir. Pagi ini, rencananya tim berlogo singa itu kembali melakukan sesi latihan, termasuk ujicoba lapangan Stadion Tri Dharma sebelum pertandingan besok. Dengan tambahan satu lagi waktu latihan, pelatih timnas U-23 Sea Games 2011 tersebut bisa yakin terhadap komposisi sebelas pemain yang turun serta formasi apa yang dipakai untuk mengejutkan GU.(fin/nug)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cetak Gol, Ronaldo Minta Maaf ke Fans MU

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler