Arema Masuk ke Grup Neraka

Sabtu, 21 Januari 2017 – 08:10 WIB
Aji Santoso. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Piala Presiden 2017 akan digelar 31 Januari hingga 12 Maret mendatang. Arema FC berada dalam satu grup dengan sejumlah tim dari kasta tertinggi.

Kompetisi pramusim tersebut juga merupakan ujian pertama bagi pelatih anyar Arema FC Aji Santoso dan empat asisten pelatih.

BACA JUGA: Raphael Maitimo Pergi, Ini Penggantinya...

Dalam pengumuman kemarin (20/1) oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), ada total 20 tim yang akan mengikuti kompetisi ini.

Dan 18 tim di antaranya berasal dari peserta Indonesia Super League (ISL) 2015 dan dua tim lainnya merupakan finalis Divisi Utama (PSCS Cilacap dan PSS Sleman).

BACA JUGA: Pemain Jempolan Hengkang, Aji Santoso Tetap Tenang

Seluruh tim terbagi ke dalam lima grup, masing-masing grup terdapat empat tim. Arema FC masuk ke dalam Grup B bersama Sriwijaya FC, Persela Lamongan, dan Pusamania Borneo FC (PBFC).

Melihat Sriwijaya dan Persela yang mempunyai sejarah panjang di sepak bola Indonesia, bisa dibilang grup ini sebagai salah satu grup ’neraka’.

BACA JUGA: Rekrutan Anyar Arema FC Ini Masih Malu-malu

”Persaingan pada grup B cukup ramai,” kata pelatih Arema FC Aji Santoso, kemarin.

Pada turnamen ini, hanya juara grup dan tiga runner-up terbaik dari setiap grup saja yang berhak melaju ke babak perempat final.

Pertandingan pada babak penyisihan grup ini menggunakan format setengah kompetisi. Bila ingin lolos ke babak perempat final, Arema FC harus mengincar juara grup.

Karena bila hanya menjadi runner-up, Arema harus menjadi salah satu dari tiga runner-up terbaik dari seluruh grup bila ingin melaju ke babak selanjutnya.

Namun, Aji mengaku masih belum mengetahui peta kekuatan lawannya. Hal itu karena seluruh tim masih dalam masa persiapan.

”Sriwijaya, Borneo FC, Persela Lamongan, semua tim itu bagus. Kami mewaspadai semua tim tanpa terkecuali,” imbuh pria yang pernah menukangi Persela Lamongan ini.

Turnamen ini akan berlangsung di lima kota. Mulai dari Malang (Stadion Kanjuruhan), Sleman (Stadion Maguwoharjo), Bali (Stadion Kapten I Wayan Dipta), Madura (Stadion Ratu Pamelingan), dan Bandung (Stadion Si Jalak Harupat).

Menjadi salah satu tuan rumah pada Piala Presiden tahun ini, Arema FC memiliki keuntungan tersendiri.

Bertanding di kandang dengan didukung Aremania, diharapkan bisa memberikan hasil yang maksimal bagi Arema FC.

Piala Presiden ini juga akan menjadi ajang uji coba bagi tim-tim di bawah PSSI sebagai persiapan untuk mengikuti kompetisi resmi Liga Super Indonesia (LSI) 2017 yang segera bergulir.

Sementara itu, skuad Arema FC terus melakukan persiapan. Mayoritas para pemain sudah mulai berlatih. Namun, ada beberapa nama yang belum terlihat latihan.

”Pemainnya belum lengkap. Seperti Cristian Gonzales dikabarkan pada Senin mendatang (23/1) baru pulang ke Indonesia,” terang pria yang juga salah seorang legenda Arema ini.

Selain itu, Arema FC dikabarkan telah mendatangkan mantan gelandang Timnas Indonesia U-19, Hanif Sjahbandi, untuk mengisi slot yang ditinggalkan Raphael Maitimo.

Namun, pemain yang sebelumnya tampil bersama Persiba Balikpapan itu harus menjalani seleksi lebih dulu.

Bahkan, gelandang yang pernah trial di klub Jepang FC Tokyo itu telah tiba di mes Arema FC sejak Kamis siang (19/1). ”Dilihat saja nanti, sepertinya iya. Dia juga masih kami lihat dan perlu trial dulu,” katanya.

Nama Hanif memang tidak disebut secara gamblang oleh Aji. Hanif baru akan menjalani seleksi hari ini (21/1) di lapangan Aji Santoso International Football Academy (ASIFA). Sebab, Arema meliburkan pemain untuk latihan kemarin.

Jika melihat dari pengalamannya, Hanif masih hijau di kancah profesional. Namun saat usia dini, dia sudah memiliki cukup banyak kesempatan bermain di luar negeri.

Seperti kala menimba ilmu di MU Soccer School, dia pernah dibawa ke Old Trafford Manchester, Inggris.

Dalam latihan Arema sebelumnya, sudah ada dua alumni Timnas U-19 yakni Bagas Adi Nugroho yang baru saja lolos seleksi dan Saddil Ramdani yang musim lalu bermain di Persela Lamongan.

Namun, status Saddil saat ini masih sekadar ikut latihan karena dia dipertahankan klubnya musim lalu, Persela Lamongan. (viq/c2/riq)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aji Pastikan Pengganti Maitimo Segera Datang


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Arema FC  

Terpopuler