Arfi–Yena Mau Duplikasi Kampung Cibunut Berwarna ke Wilayah Lain di Bandung

Senin, 30 September 2024 – 17:43 WIB
Cawalkot Bandung Arfi-Yena yang didampingi Ketum PSI Kaesang Pangarep seusai blusukan ke Kampung Cibunut, Kecamatan Sumur, Kota Bandung, Senin (30/9). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Arfi Rafnialdi–Yena Iskandar blusukan ke Kampung Cibunut, Kecamatan Sumur, Senin (30/9).

Kedatangan pasangan calon (paslon) Walkot Bandung nomor urut 04 itu dalam rangka kampanye Pilkada Kota Bandung 2024. Mereka pun didampingi Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.

BACA JUGA: Pilwakot Bandung 2024, Arfi-Yena Berkomitmen Bentuk Pemerintahan Bebas Korupsi

Di sana, Arfi berbincang dengan warga di kampung yang terkenal dengan pengelolaan sampah mandirinya.

Kampung Cibunut punya tempat pengelolaan sampah mandiri hingga warga yang sudah sadar pemilihan sampah organik dan non organik. Di kampung itu pun banyak digambar mural warna warni di sepanjang tembok kampung.

BACA JUGA: Senyum Kaesang saat Ditanya Soal Hadiah Jet Pribadi di Bandung

Arfi mengaku tertarik dengan Kampung Cibunut berwarna. Masyarakatnya sudah mandiri dalam mengolah sampah dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan.

“Hari ini kami kunjungannya ke RW 07, Kelurahan Kebon Pisang. Biasa dikenal ini wilayah Cibunut berwarna. Jadi di sini yang seluruhnya itu menjadi kampung mural terbesar di Kota Bandung,” kata Arfi ditemui seusai blusukan.

BACA JUGA: Mahasiswi Unsoed Jadi Korban Eksploitasi Seksual

Di setiap RT nya, digambar mural warna-warni dengan tema berbeda. Hal itu pun menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Kampung Cibunut berwarna.

“Kampung bebas sampah terbesar di Kota Bandung. Setiap RT-nya beda-beda warna dan partisipasi warganya untuk menjaga lingkungan dan menjaga kebersihan itu luar biasa,” jelasnya.

Karena kreativitasnya tersebut, Kampung Cibunut meraih predikat ProKlim Lestari dari pemerintah pusat.

Paslon yang diusung Partai PSI dan Golkar itu pun ingin menduplikasi program di Kampung Cibunut berwarna apabila kelak terpilih sebagai Wali Kota Bandung periode 2025 – 2030.

“Hari ini kami ingin melihat bagaimana semangat dan kekompakan warga di Cibunut dan kami ingin duplikasi supaya jadi teladan ke wilayah lain di Kota Bandung,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kaesang Pangarep. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu pun meminta agar Arfi–Yena bisa menduplikasi program di Cibunut berwarna ke banyak wilayah di Kota Bandung.

“Ya, saya saya berharap untuk kepemimpinan berikutnya Kang Arfi sama Teh Yena bisa menduplikasi Cibunut ini ke area-area yang lain yang ada di Kota Bandung,” ungkap dia. (mcr27/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 15 Orang Tersangka dari Penemuan Mayat di Kali Bekasi


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler