Ari Lasso Mengasingkan Diri

Demi Kesembuhan Penyakit Vocal Nodule

Rabu, 22 April 2009 – 10:05 WIB
Ari Bernardus Lasso . Foto: Raka/Jawa Pos
JAKARTA- Penyanyi Ari Bernardus Lasso mendapat momen titik balikPenyakit vocal nodule yang dideritanya sejak September 2008 membawa dia ke pola hidup yang lebih sehat lagi

BACA JUGA: Rubina Slumdog Millionaire Dijual Sang Ayah

Meskipun, dia harus menekan batin karena menjalani terapi aneh.
 
Ketika penyakitnya yang sering Ari anggap sebagai kapalan di pita suara terdeteksi secara medis, dokter tidak mengizinkan dia menyanyi
Mengobrol pun harus dikurangi

BACA JUGA: Festival Sinema Perancis ke-14 Dibuka Hari Ini


 
Itu sebabnya belakangan ini Ari jarang muncul di hadapan publik
Penyanyi kelahiran Madiun, 17 Januari 1973, itu juga tidak berbicara terlalu banyak dengan keluarga seperti biasanya

BACA JUGA: Anita Hara Rambah Dunia Tarik Suara

Bahkan, sejak pekan lalu, dia memutuskan sewa apartemen, mengasingkan diri hanya demi irit bicara"Keluarga hanya datang kirim makan pagi, siang, dan malam," ujarnya pada jumpa pers Dji Sam Soe Urban Jazz Crossover di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Selasa (21/04).
 
Dengan begitu, Ari berharap agar terapi yang sedang dijalani segera membuahkan hasil"Tentu saja sangat menekan batin (jauh dari keluarga)Memang ini cara aneh, tapi jalan terakhirHasilnya, sudah luar biasa, kemarin sempat coba tes rekaman," terang bapak dari empat anak itu.
 
Ari tidak bisa terlalu lama istirahat menyanyiSementara jika ingin cepat sembuh bisa operasiNamun, bagi dia, hal itu tidak disarankan"Khawatir merusak suaraMaka, satu satunya cara dengan istirahat ituSebenarnya sekarang ini kalau menyanyi sih dibolehkanTapi, bicara masih harus banyak dikurangi," ulas mantan vokalis Dewa 19 itu.
 
Bukan hanya istirahat, Ari juga harus menjalani pola hidup sehatTidur teratur, berhenti merokok, berhenti minum alkohol, dan olahraga teratur"Ini salah satu momen titik balik untuk saya agar hidup sehat," akunya.
 
Selama tidak menyanyi, Ari tetap menjaga kemampuan berolah vokal dengan membeli DVD berisi pola latihan pernapasan, pemanasan untuk menyanyi, dan sejenisnya"Saya pindahkan isinya ke iPodJadi, kapan pun saya ingin latihan tinggal putar," ujarnya.
 
Saat ini Ari merasa sudah siap kembaliMeski begitu, dia mengakui belum bisa seperti dulu
 
Bagaimana jika harus menyanyi nada tinggi" "Untuk nada tinggi coba ambil falset," jawabnya.
 
Dia juga akan tes menyanyi di panggung lagi dimulai dari acara Urban Jazz Crossover di lima kotaYaitu, Medan (1/5), Bandung (8/5), Semarang (15/5), Jakarta (22/5), dan Surabaya (29/5)"Ini kesempatan pertamakuMakanya ambil yang soft duluSetiap kota, nyanyi tiga atau empat lagu saja," tuturnya.
 
Pada acara itu, Ari akan menyanyi diiringi musik jazzDua lagu di antaranya merupakan lagu miliknya, sedangkan sisanya lagu milik Led Zeppelin dan U2"Judul judulnya masih rahasiaUntuk Led Zeppelin itu saya usul karena itu kan sebuah ikon rock yang benar-benar rockMenarik jika di-crossover dengan jazz," imbuhnya.(gen/tia)

BACA ARTIKEL LAINNYA... CUTS Tawarkan Lagu Beringas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler