Ariesman Ralat Isi BAP, Katanya Tak Pernah Bicara Soal Ini ke Ahok

Rabu, 03 Agustus 2016 – 19:00 WIB
Ariesman Widjaja. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Bekas Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja, meralat isi berita acara pemeriksaannya soal kontribusi tambahan 15 persen oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk pengembang reklamasi pantai utara Jakarta.

Awalnya, Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Widiasih membacakan isi BAP Ariesman.

BACA JUGA: Silmy Karim Dicopot, PT Pindad Punya Nakhoda Baru

Dalam BAP nomor 29, kata Jaksa, Ariesman mengaku bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ariesman keberatan dengan kontribusi tambahan 15 persen.

"BAP nomor 29 saksi (Ariesman) bertemu dengan gubernur (Ahok), saksi menjelaskan ‘Pak, kalau memungkinkan kontribusi tambahan jangan 15 persen'," kata Nurul di persidangan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (3/8).

BACA JUGA: Pencabutan BAP Anak Buah Aguan Dinilai Tak Punya Dasar Hukum Tetap

Lalu, berdasarkan pengakuan Ariesman kepada penyidik, Ahok pun menanggapi keberatan itu. "Saat itu saksi menjelaskan, 'gubernur bilang ya nanti saya lihat kalau memungkinkan'," papar Nurul.

Namun, Ariesman langsung meralat pengakuannya di BAP tersebut. Dia beralasan ketika awal kasus ini mencuat ia sedang bingung.

BACA JUGA: Soal TKA Ilegal di Banten, Politikus PAN Nilai Pemerintah Kecolongan

"Saya meralat keterangan saya di BAP. Waktu itu, awal-awal pemeriksaan saya bingung sekali," klaim Ariesman. "Jadi saudara menyanggah pernyataan di sidang ini?" tanya Nurul kepada Ariesman.

Lalu Ariesman mengaku baru ingat jika sebenarnya tidak ada keluhan soal kontribusi tambahan 15 persen. "Saya tidak pernah bilang keluhan soal 15 persen ke Ahok," tegas Ariesman. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Meutya Hafid: Dalam Pikiran Saya, Investigasi Internal Polri, Bukan Haris Azhar…


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler