Arsjad Rasjid: Kadin Harus Menjadi Rumah Bersama Pengusaha

Minggu, 23 Mei 2021 – 01:01 WIB
Calon Ketua Umum Kadin Indonesia 2021-2026 Arsjad Rasjid (kanan) bersama Ketua Umum Kadin Provinsi Nusa Tenggara Timur Abraham Paul Lianto saat silaturahmi dengan Pengurus Kadin NTT dan pelaku usaha di Kupang, NTT, Sabtu, (23/5). Foto: Dok. Kadin

jpnn.com, KUPANG - Calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Periode 2021-2026 Arsjad Rasjid melakukan silaturahmi bersama para ketua Kadin di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan silaturahmi bersama pelaku usaha di NTT berlangsung di Ballroom Hotel Aston Kupang, Sabtu (22/5) malam yang turut dihadiri Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

BACA JUGA: Kadin Sulawesi Tengah Mendukung Arsjad Rasjid Jadi Ketua Umum Kadin Indonesia

Hadir juga sejumlah Ketua Kadin dari beberapa provinsi seperti Ketua Kadin Banteng, Papua, Kaltim dan Sulawesi Tengah.

Kegiatan itu juga dihadiri Ketua DPRD NTT Emilia Nomleni serta para unsur Muspida Pemerintah Kota Kupang dan Provinsi NTT serta pengusaha dan anggota DPRD NTT.

BACA JUGA: Arsjad Rasjid: Vaksinasi Gotong Royong Sejalan dengan Langkah Jokowi Pulihkan Kesehatan dan Ekonomi

Pada kesempatan itu, Arsjad Rasjid membeberkan sejumlah program strategis dalam memajukan Kadin sebagai rumah bersama bagi pengusaha.

Kadin, menurut dia harus menjadi rumah bersama untuk tumbuh secara inklusif dan kolaboratif dengan memperkuat peran swasta sebagai tulang pungung membangkitkan perekonomian nasional di tengah pandemi COVID-19.

BACA JUGA: Anindya Bakrie: Cadangan Devisa Capai Rekor, Ekonomi Nasional Segera Pulih

Selain itu, menurut Presiden Direktur Indika Energy ini dalam memasuki norma baru, realitas baru, dunia baru dibutuhkan kadin baru yang inklusif dan kolaboratif.

Menurut dia, Kadin harus menjadi milik bersama dan tidak hanya milik sekelompok orang tertentu tetapi menjadi rumah bersama seluruh pelaku usaha termasuk UMKM.

“Kita harus rangkul seluruh pengusaha dari mikro kecil menengah sampai besar sehingga dalam pengembangan usaha berkembang secara bersama-sama," kata Arsjad Rasjid.

Arsjad menegaskan komitmennya untuk membantu dunia usaha dan mendukung pemerintah dalam pemulihan ekonomi.

Dia mengatakan Kadin perlu terus dorong pemerataan stimulus ekonomi dan pengembangan program hingga ke daerah daerah yang membutuhkan.

Dalam kesempatan itu, Arsjad Rasjid memaparkan empat program dalam memajukan perekonomian lewat Kadin Indonesia yaitu program di bidang kesehatan, pemulihan ekonomi nasional dan daerah, kewirausahaan serta perbaikan internal organisasi.

Menurut Arsjad, saat ini hampir semua sektor usaha terkena dampak pandemi COVID-19, sehingga mengalami penurunan baik itu usaha besar, menengah, hingga UMKM.

Arsjad mengatakan usaha kecil, mikro dan menengah atau UMKM merupakan fondasi ekonomi Indonesia sehingga perlu adanya pengembangan dan pemberdayaan terutama di masa pandemi COVID-19.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2016-2021 Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional ini mengatakan dirinya pasti melakukan investasi di Nusa Tenggara Timur yang memiliki banyak potensi usaha ekonomi seperti sektor kelautan, pariwisata dan properti.

“Terpilih atau tidak sebagai Ketua Umum Kadin nantinya semuanya tergantung yang di atas. Jika tidak terpilih pun saya tetap melakukan investasi di NTT,” kata Arsjad Rasjid.

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menegaskan Ketua Kadin harus bisa membangun kemitraan dengan pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi.

Bahlil Lahadalia juga berharap Ketua Kadin terpilih nanti mampu mendorong investasi hingga ke daerah-daerah agar ekonomi di daerah juga terus bertumbuh.

Dia meminta Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota di NTT untuk tidak mempersulit pemberian izin bagi pengusaha yang hendak melakukan investasi di NTT.

"Berikan kemudahan dalam proses pengurusan izin usaha sehingga pertumbuhan ekonomi daerah terus meningkat. Apabila investasi semakin banyak di daerah maka penyerapan tenaga kerja makin banyak dan ekonomi masyarakat menjadi berkembang," kata Bahlil Lahadalia.

Ketua Kadin Provinsi Nusa Tenggara Timur Abraham Paul Lianto mengatakan kehadiran Arsjad Rasjid untuk menyampaikan pemaparan visi misi sebagai calon Ketua Umum Kadin periode 2021-2026.

Abraham berharap pelaku usaha di Indonesia melakukan investasi di NTT sehingga daerah ini lebih cepat berkembang seperti daerah lainnya.

Kegiatan silaturahmi calon Ketua Umum Kadin periode 2021-2026 Arsjad Rasjid tetap mengikuti protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan satu unit mobil operasional dari Arsjad Rasjid untuk Kadin Provinsi  NTT serta 30 unit handphone untuk  22 Kadin kabupaten/kota di NTT.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler