AS Tuan Rumah Tiga MotoGP

Jumat, 05 Oktober 2012 – 06:37 WIB
TEXAS - Amerika Serikat (AS) bakal menjadi tuan rumah untuk tiga kali balapan MotoGP. Setelah Indianapolis dan Laguna Seca yang sudah lebih dulu eksis, AS kini menambah satu balapan. Mulai tahun depan, Circuit of the Americas (COTA) atau Sirkuit Austin di Texas menjadi tuan rumah.
   
Balapan di Sirkuit Texas akan berlangsung pada 19-21 April. Dengan demikian, tinggal satu tempat yang masih lowong. Sebab, dalam kalender yang dirilis pertengahan bulan lalu, Federasi Motorsport Internasional (FIM) memberikan dua slot kosong pada 14 April dan 21 April, yang diyakini untuk Argentina dan Texas.
   
Kontrak antara Dorna selaku pemegang hak komersial MotoGP dengan Cota sudah diumumkan secara resmi bulan lalu. Namun, COTA masih belum dimasukkan dalam kalender balap MotoGP yang dirilis beberapa pekan sebelumnya.
   
CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, mengaku sangat senang dengan kehadiran balapan di Texas itu. Menurutnya, itu memberikan bukti MotoGP kian berkembang di negara tersebut.
   
"Kami senang bekerja dengan COTA untuk mengembangkan program kami di AS, dan membawa seri kami ke fasilitas grand prix baru yang luar biasa di Texas," ujar Ezpeletta seperti dilansir Autosport.
   
"Kami melihat peluang yang sangat besar untuk memasarkan MotoGP dan menumbuhkan jumlah penggemar menyusul adanya kesepakatan ini dan tahu bahwa COTA merupakan tempat promosi yang tepat untuk membantu kami mencapai tujuan," tambahnya.
   
COTA juga akan menghelat balapan Formula 1 bulan depan. Presiden Cota Steve Sexton, menyatakan kebanggaan pihaknya dipercaya menggelar dua balapan bergengsi di dunia.
   
"Kami yakin ini akan menjadi sebuah tambahan yang hebat untuk program kami dan menarik puluhan ribu orang ke Central Texas, menciptakan lagi event besar lainnya dengan dampak ekonomi yang signifikan untuk wilayah kami," terang Sexton.
   
AS memiliki tiga pembalap yang saat ini tampil di kelas premier, yaitu Nicky Hayden, Ben Spies, dan Colin Edwards. Hayden sudah memperpanjang kontrak semusim dengan Ducati, sedangkan Spies mengonfirmasi dia pindah dari Yamaha ke tim satelit Ducati pada musim depan. Sementara itu Edwards bertahan di skuad CRT, Forward Racing. (ady)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Panathinaikos Buyarkan Kemenangan Tottenham

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler