Asparindo Menggandeng Rhyne Technologies untuk Pengembangan Digitalisasi Pasar

Rabu, 27 Maret 2024 – 22:10 WIB
Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) menandatangani kerja sama dengan Rhyne Technologies LLC, Rabu (27/3). Foto: Ryana Aryadita/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) menggandeng mitra strategis dari Amerika Serikat, Rhyne Technologies LLC yang sudah berpengalaman puluhan tahun di dunia pengembangan industri khususnya teknologi, dan akan membuat entitas usaha bersama.

Menurut Ketua Umum Asparindo Y. Joko Setiyanto, pihaknya memiliki komitmen untuk berperan aktif dalam pengembangan digitalisasi di pasar rakyat.

BACA JUGA: Digitalisasi Berperan Penting dalam Kemajuan UMKM

Digitalisasi pasar ini berfokus pada pengembangan transaksi jual beli, payment gateway, e-wallet, dan layanan fintech lainnya.

“Hal ini sejalan dengan acara rapat kerja nasional (Rakernas) Asparindo 12 Desember 2018, dengan Tema ‘Digitalisasi Pasar Rakyat’ dan acaranya dibuka oleh Presiden Joko Widodo untuk mendorong literasi digitalisasi pada perekonomian pasar rakyat,” ucap Joko di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (27/3).

BACA JUGA: Teken Kerja Sama dengan 3 Bank BUMN, Panglima TNI Sebut Memiliki Dua Arti Penting

Joko menyampaikan itu seusai meneken nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) Asparindo dengan Rhyne Technologies LLC bertajuk ‘Empowering Digital Growth’ di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (27/3).

Dengan adanya rencana kerja sama tersebut, Asparindo dapat ikut mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang ada dan omzet penjualan para pedagang pasar, serta membantu mempermudah akses serta profiling untuk kemudahan mendapatkan permodalan.

BACA JUGA: Bea Cukai Berikan Fasilitas TPB ke Perusahaan Pengolahan Minyak Kelapa Sawit Ini

Joko berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kompetensi, baik pihak pengelola maupun pedagang pasar.

Menurut dia, tidak menutup kemungkinan Asparindo juga mendorong digitalisasi di sektor lainnya, seperti usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), perikanan, peternakan dan perkebunan.

“Sejak diprakarsai pada 2004, kiprah kami (Asparindo) selama 20 tahun telah melakukan program-program yang bersinergi dengan berbagai lementerian dan lembaga (K/L),” tuturnya.

CEO Rhyne Technologies LLC Quang Buu Tran menuturkan Rhyne Technologies merupakan perusahaan perangkat lunak terdepan yang menghadirkan produk inovatif yang ditujukan untuk industri tradisional, tidak terkecuali minyak dan gas (migas), konstruksi dan pertambangan.

“Dengan fokus menggunakan teknologi untuk menjembatani kesenjangan di sektor yang terabaikan, Rhyne Technologies berkomitmen meningkatkan efisiensi operasional dan membuka peluang baru,” ujar Quang. (mcr4/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler