Atlanta Hawks Masuk Final Wilayah Timur, Phoenix Suns Pukul LA Clippers di Gim Pertama

Senin, 21 Juni 2021 – 18:50 WIB
Bintang Atlanta Hawks Trae Young. Foto: Twitter@NBA

jpnn.com, PHILADELPHIA - Atlanta Hawks melaju ke final NBA Wilayah Timur usai mengalahkan Philadelphia 76ers 4-3.

Pada gim ke-7, Atlanta Hawks menang dengan skor 103-96. Bertanding di Wells Fargo Center, Philadelphia, Senin (21/6) WIB, steal dari Danilo Gallinari di sisa 40 detik pertandingan menjadi penentu kemenangan Hawks.

BACA JUGA: Timnas Bola Basket Indonesia Akhirnya Menang di Kualifikasi FIBA Asia Window Ketiga

Gallinari kemudian berhasil melakukan layup sehingga membuat selisih poin berubah menjadi enam angka.

Pemain terbaik laga menjadi milik Kevin Huerter yang jadi top skor Hawks dengan torehan 27 poin, tujuh rebound, dan tiga asisst dengan persentase tembakan tiga angkanya yang mencapai 53%. Catatan ini menjadi rekor tertinggi Huerter dalam satu gim di playoff.

BACA JUGA: Milwaukee Bucks Singkirkan Brooklyn Nets Lewat Laga Dramatis

BACA JUGA: LA Clippers masuk Final, Philadelphia Paksakan Gim Ketujuh

Trae Young yang sedikit kesulitan menembus ketatnya pertahanan Sixers membantu Hawks dengan torehan 21 poin dan sepuluh assist.

Danilo Galinnari juga berhasil mencetak 17 poin dan lima rebound dari bangku cadangan.

John Collins mencatatkan double-double dengan 14 poin dan 16 rebound. Clint Capela melengkapi daftar pencetak angka Hawks dengan 13 poin dan enam rebound.

Menurunnya performa Trae Young dalam laga melawan Sixers dimaklumi oleh pelatih Hawks Nate Mcmillan.

Menurut Mcmillan ketika Young sudah dalam performa terbaiknya maka tembakannya sulit dihentikan lawan.

"Hal tersebut biasa, ke depan apabila dia (Trae Young) sudah bisa melepaskan tembakan dengan leluasa maka lawan harus menjaganya dengan ketat," ungkap Mcmillan.

Dari Sixers Joel Embiid yang berjuang sendirian untuk membawa Sixers masuk final mencatatkan 31 poin dan sebelas rebound. Performa Embiid pada laga ini kurang baik karena dirinya membuat delapan turn over pada pertandingan ini.

Tobias Harris menyusul dengan 24 poin dan 14 rebound kemudian diikuti Seth Curry yang memasukan 16 poin.

Masuknya Hawks ke partai final NBA Wilayah Timur adalah kali pertama sejak tahun 2015.

Bagi Sixers kegagalan masuk final ini membuat mereka menyusul Brooklyn Nets yang telah angkat koper lebih dahulu pada Minggu (20/6) WIB.

Selanjutnya, Hawks akan menantang Milwaukee Bucks di final Wilayah Timur. Gim pertama akan digelar pada Kamis (24/6) WIB.

Pada final NBA Wilayah Barat gim pertama, Suns berhasil menang dari Los Angeles Clippers dengan skor 120-114.

Bermain di Phoenix Suns Arena, Senin (21/6) WIB, Clippers sebenarnya bisa memenangi laga apabila tembakan mereka pada sisa satu menit pertandingan dapat berbuah menjadi poin.

Pada pertandingan ini Suns tidak terbendung, akurasi tembakan dua angka Suns mencapai 55%. Anak asuh Monty Williams ini juga berhasil menyarangkan 20 tembakan tiga angka.

Suns yang bermain tanpa Chris Paul masih tetap bisa menang usai Devin Booker tampil apik dengan triple-double, 40 poin, 13 rebound, dan sebelas asisst. Tembakan dua angkanya pada laga ini bahkan mencapai 52%.

Torehan tripel-double Booker jadi yang pertama sepanjang kariernya. Raihan Booker setara dengan Charles Barkley yang menjadi pemain Suns yang mampu mencetak 40+ poin dan triple-double di playoff.

Booker menyebut penampilannya itu tidak lepas dari andil seorang Chris Paul. Point guard senior itu dinilai Booker sebagai sosok yang mampu memotivasi dirinya hingga sekarang berada di puncak performa.

"Chris (Paul) adalah mentor saya, kami tahu dia tidak ada hari ini. Namun, kami memenangi pertandingan untuk dia. Mengenai rekor, saya rasa ini sudah tugas saya membagi bola dan memastikannya tidak direbut. Hal ini biasa dilakukan Chris, tetapi hari ini dia tidak ada dan kami melakukannya," ungkap Booker.

Pemain lainnya yang menyumbang angka untuk Suns adalah Deandre Ayton dengan torehan 20 poin dan sembilan rebound. Mikal Bridges menambahkan 14 poin, Cameron Payne yang mengantikan Chris Paul finis dengan sebelas poin dan sembilan assist.

Jae Crowder juga menambahkan 13 poin dan enam rebound. Cameron Johnson melengkapi daftar pencetak angka Suns dengan mencetak 12 poin dari bangku cadangan.

Dari pihak Clippers Paul George jadi pengumpul poin terbanyak tim dengan torehan 34 poin, empat rebound, dan lima asisst.

Reggie Jackson membuntuti dengan 26 poin, enam rebound, dan empat asisst. DeMarcus Cousins melengkapi daftar pencetak poin dengan 11 angka.

Dengan hasil ini, sementara Suns unggul 1-0 atas Clippers dalam sistem best of seven games. Laga kedua masih berlangsung di Phoenix Suns Arena, Rabu (23/6) WIB. (nba/mcr16/jpnn)


Redaktur & Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler