Atletico Madrid dan Marseille Tembus Final Liga Europa

Jumat, 04 Mei 2018 – 09:08 WIB
Atletico Madrid tembus final Liga Europa usai menyingkirkan Arsenal. Foto: AFP

jpnn.com, MADRID - Atletico Madrid dan Olympique Marseille melaju ke final Liga Europa 2017-2018 dan akan bersua di final yang digelar di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Lyon, Kamis (17/5) dini hari WIB.

Kedua tim bernafsu untuk menghadirkan trofi pada musim ini. Selain itu, juara Liga Europa 2017-2018 bakal meraih tiket fase grup Liga Champions musim depan. Bagi Atletico, lebih untuk menambah koleksi gelar.

BACA JUGA: Atletico Madrid vs Arsenal: Wenger Mencari Kado Perpisahan

Maklum saja, mereka berpeluang besar untuk meraih tiket lolos langsung ke fase grup Liga Champions lewat jalur La Liga.

Sementara bagi Marseille, mereka akan ngotot untuk bisa menggondol trofi lantaran kemungkinan harus melewati babak kualifikasi untuk bisa ke fase grup Liga Champions lewat jalur liga.

BACA JUGA: Selangkah Lagi Marseille ke Final Liga Europa

Andai mampu juara di ajang ini, tim asuhan Rudi Garcia itu langsung lolos ke fase grup Liga Champions 2018-2019.

Kepastian Atletico melaju ke final setelah pada leg kedua semifinal mengalahkan Arsenal dengan skor 1-0. Gol tunggal kemenangan Los Cholconeros dihasilkan oleh striker bengal Diego Costa pada menit 45. Dia sebelumnya mendapatkan umpan dari Antoine Griezmann.

BACA JUGA: Liga Europa: 10 Pemain Atletico Tahan Arsenal di Emirates

Kendati hanya menang 1-0, Atletico berhak ke final lantaran pada pertemuan pertama di Emirates, skor sama kuat 1-1. Atletico unggul agregat 2-1.

Ini untuk ketiga kalinya Atletico ke final Liga Europa. Sebelumnya, mereka melakukannya pada 2009-2010 dan 2011-2012. Menariknya, Atletico selalu juara. Pada 2009-2010 mereka mengalahkan Fulham dengan skor 2-1, sedangkan pada 2011-2012 mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 3-0.

Sementara bagi Arsenal, ambisi untuk juara dan bisa ke Liga Champions kandas. Musim depan, The Gunners besar kemungkinan kembali berlaga di Liga Europa dan harus absen lagi di Liga Champions.

Kans untuk berada di 4-besar Premier League musim ini sangat berat. Arsene Wenger pun gagal memberikan trofi perpisahan lantaran pada musim depan dia dipastikan tak lagi menukangi Arsenal.

Di lain sisi, Marseille ke final usai menyingkirkan Red Bull Salzburg. Hanya saja, perjuangan tim asuhan Rudi Garcia itu ke final cukup terjal. Unggul 2-0 pada leg pertama di Velodrome, Marseille mendapat perlawanan ketat dari tuan rumah Salzburg.

Dalam waktu normal 90 menit, Salzburg mampu unggul 2-0 lewat gol Amadou Haidara menit 53 dan Bouna Sarr menit 65. Laga pun harus dilanjutkan babak perpanjangan waktu karena agregat sama 2-2. Di babak perpanjangan waktu, Marseille berhasil mencetak satu gol lewat tendangan Rolando usai menerima umpan dari Dimitri Payet. Skor menjadi 2-1 masih untuk keunggulan Salzburg. Skor tersebut bertahan hingga laga berakhir. Marseille yang berhak ke final dengan keunggulan agregat 3-2.

Bagi Marseille, ini final ketiga di ajang ini. Sebelumnya mereka melakukannya saat masih bernama Piala UEFA yakni pada 1998-1999 dan 2003-2004. Hanya saja, dalam dua kesempatan itu, Marseille selalu kalah. Mereka kalah 0-3 dari Parma dan 0-2 dari Valencia. Bagaimana dengan final ketiga?

Atletico dan Marseille sudah dua kali bersua di fase grup Liga Champions 2008-2009. Kala itu, saat bertindak sebagai tuan rumah, Atletico mampu menang dengan skor 2-1. Sedangkan ketika Marseille bermain sebagai tuan rumah, skor sama kuat 0-0. Artinya, secara rekor pertemuan, Atletico lebih unggul. Hanya saja, itu bukan patokan lantaran laga final nanti dilangsungkan di tempat netral. (epr/jpc)

Hasil Semifinal Leg Kedua Liga Europa 2017-2018
Atletico Madrid 1-0 Arsenal (Costa 45)
(Agregat 2-1)
SUSUNAN PEMAIN
Atletico Madrid: Oblak, Godin, Hernandez, Gimenez, Partey (Savic 90), koke, Saul, Gabi, Griezmann, Costa (Torres 83), Vitolo (Correa 74)
Pelatih: Diego Simeone

Arsenal: Ospina, Koscielny (Chambers 12), Monreal, Mustafi, Bellerin, Ramsey, Wilshere (Mkhitaryan 68), Oezil, Xhaka, Lacazette, Welbeck
Pelatih: Arsene Wenger

RB Salzburg 2-1 Olympique Marseille (Haidara 53, Sarr 65 - Rolando 116)
(Agregat 2-3)
SUSUNAN PEMAIN
RB Salzburg: Walke, Caleta-Car, Ramalho, Ulmer (Pongracic 96), Lainer, Haidara, Samassekou, Berisha, Schlager (Minamino 84), Dabbur, Gulbrandsen (Hwang 69)
Pelatih: Marco Rose

Olympique Marseille: Yohann Pele, Amavi, Adil Rami, Ocampos, Sanson (Rolando 102), Payet, Luiz Gustavo, Thauvin, Maxime Lopez (Zambo 67), Bouna Sarr, Germain (N'Jie 84)
Pelatih: Rudi Garcia

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Liga Europa: Atletico Jumpa Arsenal di Semifinal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler