Atur Pertandingan, Masiello Ditahan

Selasa, 03 April 2012 – 10:30 WIB
ROMA - Pemain bertahan Atalanta, Andrea Masiello menjadi tersangka kasus pengaturan pertandingan di Seria A Italia. Untuk kepentingan penyelidikan, polisi Italia Carbineri menangkap Masiello di rumahnya Senin pagi dan kemudian menahannya. Polisi juga tengah memeriksa delapan mantan pemain Bari lainnya.

Penangkapan dilakukan setelah tim penyelidik Bari -klub yang diperkuat Masiello musim lalu-  menemukan bukti-bukti baru terkait kasus tersebut. Masiello bermain untuk Bari selama tiga setengah musim sebelumnya akhirnya dikontrak Atalanta pertengahan musim ini.

Sebelum menangkap Masiello, penyidik mencermati sembilan pertandingan terakhir Bari musim lalu. Salah satu pertandingan yang dicurigai adalah ketika Bari bertemu tim sekota Lecce 15 Mei 2011.

Saat itu, Bari yang sudah pasti terdegrasi dicurigai sengaja mengalah, agar Lecce terhindar dari degradasi. Di pertandingan itu, Masiello melakukan gol bunuh diri yang membantu kemenangan Lecce atas Bari 2-0. "Hasil investigasi menunjukkan ada penyerahan uang (suap) di akhir pertandingan," papar penyidik Bari, Antonio Laudati kepada wartawan.

Pertandingan-pertandingan lain yang sedang diselidiki adalah saat Bari menang 3-0 atas Genoa pada 2 Mei.Hasil imbang 3-3 di Udinese pada 9 Mei. Serta kemenangan 4-0 atas Bologna di pekan terakhir musim lalu.

Mantan gelandang Bari, Rossi, yang sekarang bermain untuk Cesena, menjelaskan bahwa setelah Bari dipastikan terdegradasi, beberapa kelompok supporter garis keras mendekati mereka. Kelompok itu menekan para pemain agar mengalah pada dua pertandingan melawan Cesena dan Sampdoria. Para supporter itu bertaruh bahwa Bari akan kalah pada dua pertandingan tersebut.

Rossi mengatakan bahwa meski mereka diancam, para pemain menolak mengabulkan permintaan itu. Di kedua pertandingan tersebut, Bari akhirnya memang kalah. Rosi tidak menjelaskan apakah itu karena tekanan tadi.

Manajer umum Bari Claudio Garzelli menolak tuduhan tersebut. Ia menimpali, "Saya tidak memiliki alasan apapun untuk percaya bahwa Masiello dapat terlibat dalam aktivitas curang apapun," kilahnya.

Presiden FIGC Giancarlo Abate menegaskan bahwa dia tidak akan memberikan toleransi kepada pemain yang berbuat curang. Jika pengadilan memutuskan yang bersangkutan terbukti bersalah, dia akan memberikan sanksi. (ap/afp/ruk)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Milan Yakin Tekuk Barca di Nou Camp

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler