Avian Brands Resmi Tercatat di Bursa Efek Indonesia

Rabu, 08 Desember 2021 – 14:32 WIB
Bursa Efek Indonesia. Foto dok Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Avia Avian Tbk (Avian Brands) tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), pada 8 Desember 2021.

Penawaran umum perdana saham perseroan (IPO) dengan harga Rp 930 per lembar saham ini mendapat dukungan dari investor institusi domestik dan asing maupun ritel.

BACA JUGA: Raffi Ahmad Bongkar Penghasilan Endorse Rayyanza, Wow!

Dengan jumlah penawaran sebesar Rp 10,951 miliar (US $ 771 juta), pendaftaran ini merupakan IPO terbesar yang pernah ada di Asia untuk sektor cat.

IPO kedua terbesar untuk sektor cat secara global, dan IPO ketiga terbesar di Indonesia sejak 2001.

BACA JUGA: Pasarkan 250 Unit Hunian, BTN Menggelar Lelang Properti Expo 2021

"Penawaran umum perdana saham ini tonggak pencapaian yang penting bagi karyawan, pelanggan, pemasok, dan seluruh mitra Avian Brands. Dukungan luar biasa yang diterima atas IPO ini merupakan realisasi dari visi Bapak Soetikno Tanoko,yang mendirikan perseroan pada 1978," ujar Presiden Direktur Avian Brands Wijono Tanoko.

Wakil Presiden Direktur Avian Brands Ruslan Tanoko menuturkan di bawah kepemimpinan Wijono Tanoko dan Hermanto Tanoko, Avian Brands telah mengukuhkan posisi dan keunggulannya dalam industri cat dekoratif di Indonesia.

BACA JUGA: Kepedulian Pertamina untuk Korban Erupsi Semeru, Patut Dicontoh BUMN Lainnya

"Tim manajemen yang dipimpin oleh saya, Robert Tanoko, dan Kurnia Hadi, didukung oleh partner kami GIC, telah mempercepat transformasi Avian Brands menjadi perusahaan yang cekatan, berfokus pada pelanggan, dan mampu menawarkan produk inovatif berkualitas kepada masyarakat Indonesia. Kami telah membangun Avian Brands menjadi pemimpin nomor 1 dalam sektor cat dekoratif di Indonesia," seru Ruslan.

Oleh karena itu, Ruslan ingin mengucapkan terima kasih kepada 7.210 karyawan yang senantiasa berinovasi sehingga bisa melayani 52.625 toko bahan bangunan yang telah mendukung kami selama bertahun-tahun.

"Kami selalu berharap agar hubungan spesial yang telah terbentuk dan kemitraan ini bisa terus berlangsung di masa yang akan datang," harapnya.

"Pencatatan saham adalah langkah alami berikutnya dalam perjalanan Avian Brands. Dengan IPO ini, kami memiliki fleksibilitas keuangan dan operasional yang lebih tinggi untuk berinovasi dan meningkatkan praktik ESG kami," imbuh Direktur Avian Brands Robert Tanoko.

Sebagai bagian dari IPO, Perseroan dan beberapa pemegang saham telah menawarkan dengan total 11.775.355.600 saham, yang terdiri dari sekitar 52,7% saham baru dan sekitar 47,3% dari saham yang ditawarkan oleh pemegang saham eksisting.

Penerimaan dana bruto dari penawaran saham baru adalah sebesar Rp 5,766 miliar (US $ 400 juta).

Pasca-IPO, Keluarga Tanoko akan tetap menjadi pemegang saham mayoritas Perseroan dengan 74,7% saham.

Dana bersih yang diterima oleh Perseroan melalui IPO ini akan digunakan untuk dapat terus meningkatkan pertumbuhan profitabilitas dan mempercepat ekspansi bisnis di Indonesia, serta untuk pelunasan beberapa utang perseroan.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler