Awas! Ada Penipu Mencatut Pegadaian, Modusnya Undian Badai Emas

Kamis, 27 Juli 2023 – 09:23 WIB
Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian Yudi Sadono. Foto dokumentasi Humas PT Pegadaian

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian Yudi Sadono mewanti-wanti masyarakat tidak mudah terbujuk penipuan bermodus Undian Badai Emas Pegadaian.

Informasi tentang undian yang mencatut Pegadaian itu tersebar di media sosial alias medsos, padahal faktanya penipuan.

BACA JUGA: Waspada Penipuan Mengatasnamakan Undian Badai Emas Pegadaian

“Dari laporan yang kami terima, pelaku telah membuat beberapa akun media sosial dengan mengatasnamakan program Undian Badai Emas Pegadaian,” ujar Yudi.

Lebih lanjut Yudi menjelaskan pelaku penipuan itu menghubungi calon korban melalui pesan langsung atau direct message. Isi pesan tersebut ialah iming-iming hadiah dan mengarahkan korban untuk membuka fail dalam format Android Package Kit (APK).

BACA JUGA: Berkinerja Kampiun, Pegadaian Raih Laba Rp 2,1 Triliun

“Setelah itu korban diminta mentransfer sejumlah uang untuk menebus hadiah tersebut,” tutur Yudi.

Oleh karena itu, Yudi meminta masyarakat tidak mudah terbujuk, apalagi sampai mentransfer uang secara gegabah ke penipu yang mencatut Pegadaian.

BACA JUGA: GadePreneur Banjir Peminat, Ratusan UMKM Segera Naik Kelas lewat Pegadaian

Dia mengingatkan masyarakat bersikap cermat dan waspada terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan Undian Badai Emas Pegadaian tersebut.

“Sekali lagi kami minta kepada seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap tawaran ataupun informasi yang belum diketahui kebenarannya, apalagi sampai melakukan transfer uang tanpa melakukan konfirmasi terlebih dahulu,” ujar Yudi.

Saat ini Pegadaian hanya menggelar Program Undian Pegadaian Poin 2023. Pemenang undian itu tidak akan dipungut biaya apa pun karena pajak hadiahnya ditanggung oleh Pegadaian.

Informasi resmi tentang program yang sedang dilaksanakan Pegadaian bisa diperoleh melalui laman sahabat.pegadaian.co.id, poin.pegadaian.co.id, dan aplikasi Pegadaian Digital.

Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan konfirmasi melalui Call Center Pegadaian di nomor : 1500-569, WhatsApp: 0811 1500 569, atau mengunjungi website www.pegadaian.co.id dan akun media sosial resmi perusahaan penyedia layanan pembiayaan mikro itu.

“Pastikan selalu melakukan konfirmasi secara berkala melalui kanal resmi perusahaan yang sebenarnya,” pesan Yudi.(mrk/jpnn.com)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Begini Modus Penipuan yang Mengatasnamakan Undian Badai Emas Pegadaian


Redaktur : Antoni
Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler