Awas, Bisa Pulang Awal

Sabtu, 08 September 2012 – 15:41 WIB
KUANSING -  Posisi Jatim di cabang olahraga (cabor) sepak bola gawat. Ambisi mempertahankan emas di PON 2012 bisa berantakan. Penyebabnya, Jatim dipermalukan Jabar 1-2 dalam penampilan perdananya (6/9).
 
Nah, jika tak mau pulang awal, Eko Fandi Utomo dkk harus bisa mengalahkan Gorontalo dalam pertandingan kedua kualifikasi Grup B di" Stadion Kuansing, Teluk Kuantan, Riau, sore ini (8/9).
 
Di atas kertas, kekuatan Jatim lebih unggul. Gorontalo dianggap tim terlemah di Grup B. Tapi ingat, pertandingan hari ini merupakan penentuan bagi Gorontalo. Mereka juga menelan kekalahan melawan Sumut pada laga 6 September lalu dengan skor 1-2.
 
Danur Dara, pelatih Jatim, menyatakan, saat ini yang paling penting adalah memperbaiki mental anak asuhnya. "Selain fisik, mental anak-anak harus segera di-recovery dalam waktu singkat. Artinya, mental para pemain harus ditingkatkan," katanya, Jumat (7/9).
 
Meski secara materi Jatim lebih unggul, Danur tidak mau menganggap remah lawan. Dia menekankan pada arek-arek Jatim itu untuk tetap waspada. "Semua tim bagus. Tinggal anak-anak saja nanti yang harus fight dan wajib percaya diri di lapangan," paparnya.
  
Danur menambahkan, timnya akan tampil lebih hati-hati saat duel dengan Gorontalo. Para pemain diminta ekstrahati-hati. Terutama pada menit-menit awal. "Kami sudah minta anak-anak melupakan hasil saat lawan Jabar. Pemain harus lebih sabar dan jangan sampai kejadian gol cepat terulang. Kami tetap akan menyerang. Tapi, pertahanan bakal kami perkuat," ucap dia
  
Namun, dalam pertandingan hari ini, bek kanan Jatim Ahmad Basid tidak tampil karena cedera engkel kiri. Danur memasang Dodok Hariyanto untuk mengamankan lini belakang Jatim. "Saya harap anak-anak bermain bagus. Sebab, ini pertandingan hidup mati kami," ujarnya.
   
Semantara itu, pelatih Gorontalo Rahman Bereki juga tak mau menyerah begitu saja. Menghadapi juara bertahan, Gorontalo tidak patah semangat. "Ya, ini sama-sama pertandingan penentuan kami. Karena itu, kami juga akan habis-habisan," terang dia.
  
Di Grup B Jatim belum mengantongi nilai. Posisinya pun sama dengan Gorontalo. Posisi teratas dikuasi Jabar dan Sumut yang sama-sama memperoleh kemenangan 2-1 atas lawan-lawannya.

Pada babak penyisihan, hanya dua tim teratas dan runner-up di tiga grup yang berhak lolos enam besar. Babak selanjutnya itu bakal dimulai 12 September di Stadion Kaharuddin Nasution, Pekanbaru. (ovi/c14/diq)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Zaenal Arif Perkuat Lagi Persib

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler