Awas, Kanker Payudara Sasar Wanita Muda

Jumat, 03 Mei 2013 – 13:18 WIB
LONDON - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit paling mematikan yang menyerang kaum wanita. Kesadaran akan bahaya penyakit ini diharapkan mampu menurunkan kejadian kasus kanker payudara pada wanita.

Menurut riset lembaga penelitian kanker Inggris, Cancer Research UK, jumlah perempuan yang didiagnosa menderita penyakit tersebut mencapai 10 ribu orang setiap tahunnya. Umumnya penderita adalah wanita dibawah usia 50 tahun.

"Satu dari lima kasus kanker payudara diderita mereka di bawah usia 50 tahun, meskipun sedikit yang meninggal karena penyakit ini," kata Sara Hiom, Direktur Informasi Kesehatan Inggris, seperti dilansir BBC (2/5).

Total, lebih dari 49.500 perempuan dari segala usia menderita kanker payudara yang didiagnosis pada 2010, dibandingkan dengan 37.107 pada 1995.

Temuan tersebut menunjukkan, tingkat kejadian kanker payudara pada wanita di bawah 50 meningkat sebesar 11 persen. Masih belum terungkap faktor di balik peningkatan tersebut. Namun, dipercaya tingginya konsumsi alkohol dan pola melahirkan turut mempengaruhi timbulnya kanker payudara.

"Wanita dari segala usia yang melihat sesuatu yang berbeda di payudara mereka termasuk perubahan dalam ukuran, bentuk atau merasa ada benjolan atau penebalan, nipple discharge atau ruam, kerutan atau kemerahan kulit harus melakukan skrining kanker payudara," lanjut Sara.

Ditegaskannya, deteksi lebih dini memberikan kesempatan terbaik suksesnya pengobatan. Lebih lanjut dituturkannya, kanker payudara telah mempengaruhi orang-orang muda di mata publik, seperti artis Kylie Minogue, yang dideteksi menderita penyakit ini.(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fibroid, Tumor Non Kanker Penyebab Kemandulan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler