Awas, Kunci Jawaban Palsu UN beredar

Jumat, 05 April 2013 – 09:44 WIB
JAMBI-Pemerintah provinsi Jambi mewanti-wanti semua pihak agar tak termakan issue terkait maraknya beredar kunci jawaban palsu UN. Sekretaris Dinas pendidikan provinsi Jambi Arman berpesan kepada semua kalangan untuk tidak mempercayai jika ada yang menawarkan kunci jawaban palsu.

“Kalau ada sms, atau ada pihak yang menawarkan kunci jawaban jangan pernah dipercaya. Karena itu pasti penipuan,” himbau Arman, Kamis (4/4).

Ia menjelaskan, bahwa pelaksanaan UN tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, UN dilaksanakan dengan sistem 20 paket soal. semua siswa dalam lokal tidak akan mendapatkan soal yang sama. "Jadi, kalau ada kunci jawaban, itu pastilah palsu. Karena dalam satu amplop itu ada 20 soal yang masing-masing sudah ada lembar jawabannya," katanya lagi.

Arman mengatakan, jika murid atau masyarakat luas mendapati hal yang dilakukan oleh  pihak yang bertanggung jawab tersebut, diharapkan untuk langsung melaporkannya kepada  yang berwajib.

Ketika disinggung soal kemungkinan adanya soal yang bocor, Arman menepis hal tersebut. Dikatakannya, soal-soal UN tersebut terjamin kerahasiaannya. Jadi, kata dia, tidak mungkin bisa terjadi kebocoran. "Kalau soal kebocoran, hal itu sangat kecik kemungkinannya," sebutnya lagi.

Mengenai kesiapan pelaksanaan UN di Jambi sendiri, ia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melaksanakan tahapan-tahapan persiapan teknis bersama pihak kabupaten kota. Dia menjelaskan, pada prinsipnya persiapan UN di semua daerah berjalan lancar. Hal ini dikarenakan kegiatan UN sudah berlangsung setiap tahun. "Jadi saya rasa tidak ada halangan yang berarti. Setiap daerah juga sudah tahu harus berbuat apa," tukasnya.

Saat ini, pihak Diknas Provinsi juga sedang mengecek persiapan pendistribusian soal UN. Diungkapkannya, soal UN tahun ini dicetak di daerah Semarang Jawa Tengah. Kemudian, soal akan dikirim langsung ke. Jambi dan baru kembali didistribusikan sekolah melalui pihak POS.  "Semua prosesnya akan dikawal oleh pihak kepolisian," tutupnya.(mui)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Guru Dimutasi, Wali Murid Ancam Demonstrasi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler