Awas! Posisi Tidur Salah bisa Undang Bencana

Rabu, 20 Mei 2015 – 23:57 WIB
Ilustrasi.

jpnn.com - NORMALNYA, setelah bangun tidur tubuh akan terasa lebih segar. Sayangnya, sebagian orang justru mengeluh merasa nyeri di beberapa bagian tubuh setelah bangun tidur, misalnya nyeri punggung atau leher.

Nyeri punggung saat bangun tidur biasanya disebabkan oleh ketidaksejajaran tulang belakang. Selain itu, duduk sepanjang hari juga bisa mengakibatkan otot-otot pinggul kencang.

BACA JUGA: Fakta Aneh yang Tidak Pernah Anda Tahu tentang Paspor di Dunia

Akibatnya, tulang belakang bagian bawah melengkung. Rasa sakit pada punggung bagian atas juga bisa disebabkan mengencangnya otot-otot bahu akibat postur tubuh membungkuk. Jika posisi tidur Anda salah maka bisa memperburuk kondisi ini.

"Orang-orang sering mengeluh bahwa mereka mengalami kekakuan dan nyeri pada leher atau punggung ketika mereka bangun di pagi hari. Hal ini disebabkan tidur di postur yang salah di malam hari," kata Spine Surgeon dan Direktur di Spine Solutions, Dr. Sudeep Jain, seperti dikutip dari laman Health Me Up, Rabu (20/5).

BACA JUGA: Hai Wanita! Ini Bahaya Memakai Make Up yang Tidak Anda Sadari

"Semua tahu pentingnya postur yang baik, tetapi tidak terbatas hanya untuk duduk atau berdiri. Mempertahankan postur tubuh yang benar adalah penting bahkan saat tidur," tambahnya. (fny/jpnn)

Berikut ini beberapa posisi tidur yang salah:

BACA JUGA: Inilah Penyebab Utama Anda Kehilangan Energi

1. Tidur di perut

Meskipun posisi ini lebih banyak disukai namun posisi tidur ini benar-benar berbahaya bagi tulang belakang, menyebabkan nyeri dan kerusakkan jangka panjang. Tidur di perut mengarahkan sebagian besar berat tubuh ke bagian tengah tubuh. 

Akibatnya, tubuh tidak mampu mempertahankan kurva alami dari tulang belakang dan tidur dengan posisi ini semalaman menyebabkan banyak ketegangan pada tulang punggung dan otot punggung. Saat tidur dalam posisi ini, orang cenderung memiringkan kepala mereka yang akan menempatkan banyak tekanan pada leher dan mengakibatkan kekakuan dan nyeri yang tajam di leher.

2. Posisi janin

Posisi di mana orang meringkuk seperti bola dengan lutut ditarik ke atas dan dagu mereka miring ke bawah. Postur ini juga menempatkan banyak tekanan pada tulang belakang dan menyebabkan sejumlah masalah punggung dan leher.

Postur tidur yang salah bisa menyebabkan komplikasi yang melampaui masalah punggung. Tulang belakang terdiri dari berbagai saraf yang berhubungan dengan berbagai bagian tubuh. Setiap stres pada tulang belakang juga memengaruhi saraf dan bisa menyebabkan berbagai masalah di bagian lain dari tubuh juga.

Ketidaknyamanan di malam hari juga menyebabkan seseorang untuk bangun lagi dan lagi. Akibatnya, tubuh dan pikiran akan kehilangan waktu istirahat yang cukup. Ketika hal itu terjadi berulang-ulang, kesehatan dan fisik secara keseluruhan dari orang tersebut juga memburuk.

Cara terbaik untuk mencegah semua masalah ini adalah untuk tidur pada posisi yang tepat yang menjaga tulang belakang tetap sehat. Posisi terbaik untuk tidur nyaman di malam hari adalah tidur telentang dengan lengan di sisi tubuh Anda. Postur ini mempertahankan keselarasan tulang belakang tetap sempurna. Namun, Anda harus menghindari penggunaan bantal yang sangat tebal saat tidur dalam posisi ini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waspadalah! Minum Diet Soda Bikin Gendut


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler