AXEAN Festival 2024 Digelar di Bali, Hadirkan 40 Musisi dari 14 Negara

Rabu, 07 Agustus 2024 – 07:17 WIB
AXEAN Festival 2024 diadakan di Jimbaran Hub, Bali pada 28-29 September 2024 mendatang. Foto: Dok. AXEAN

jpnn.com, JAKARTA - Setelah sukses digelar di Singapura pada 2022-2023, AXEAN Festival 2024 akan diselenggarakan di Bali, Indonesia.

AXEAN Festival 2024 diadakan di Jimbaran Hub, Bali pada 28-29 September 2024 mendatang.

BACA JUGA: Daya Tarik Turnstile di We The Fest 2024

Acara musik intra-regional pertama di Asia Tenggara itu siap menggelar pertemuan di Jimbaran Hub yang terletak di selatan pulau, menawarkan panorama alam hijau dan pesona matahari terbenam yang memukau.

"Selalu menjadi visi kami untuk menjadikan AXEAN sebagai festival skala regional, mengubah negara tuan rumah setiap tahun, atau bahkan memiliki beberapa edisi yang lebih kecil di negara yang berbeda," ungkap Piyapong Muenprasertdee, salah satu pendiri dan pemimpin tim AXEAN Festival, Selasa (6/8).

BACA JUGA: Selesai Tur, Milledenials Rilis Video Klip Youth Life

Piyapong Muenprasertdee mengatakan, dari pengamatan pihaknya bahwa sebagian besar pasar musik Asia Tenggara sangat domestik, atau hanya menerima artis barat atau k-pop ketika berbicara tentang artis internasional.

Oleh sebab itu, AXEAN Festival diharapkan dapat membantu artis domestik menyeberangi batas di wilayah sehingga lebih banyak peluang bagi untuk mengembangkan basis penggemar internasional.

BACA JUGA: Grrrl Gang Jalani Tur Asia dan Australia

"Setelah dua tahun berada di Singapura, kami merasa inilah waktu yang tepat untuk mencoba tempat baru, dan Bali sebagai surga tropis dengan berkembangnya kancah
musik, kami pikir ini adalah lokasi yang sempurna bagi artis, delegasi, dan pecinta musik," sambungnya.

Agenda AXEAN Festival 2024 akan dilaksanakan dengan pergelaran konferensi musik selama dua hari.

Kegiatan konferensi musik dipusatkan untuk pelaku industri saling berjejaring di pagi hari, lalu diikuti dengan acara puncak festival yang menampilkan lebih dari 40 musisi dari 14 negara.

Edisi AXEAN Festival tahun ini dengan bangga menampilkan line-up yang beragam namun dikurasi secara strategis dari berbagai penjuru Asia Tenggara dan seluruh dunia.

Para pengisi acara AXEAN Festival 2024 yakni At Adau (MY), Batavia Collective (ID), bird. (PH), Common People Like You (TH), COTERIE (AU), crwn (PH), Dialog Dini Hari (ID), Funkindustry (FR), Gabe Watkins (TH), Grrrl Gang (ID), HARIKUYAMAKU (JP).

Selanjutnya ada I’mdifficult (TW) Josh Makazo (SG), lightcraft (ID), Linying (SG), LUSS (TH), M-Fatt (KH), Maki (PH), Milledenials (ID), mindfreakkk (TH), Munimuni (PH), Muri (PH), Norith & Y uuHai (KH), Puman (CH), Rangga Jones (SG).

Nama berikut yakni RuthKo (KH), San & The Workshop (SG), Skandal (ID), The Dinosaur's Skin (TW), The Hertz (HK), Tuimi (VN), Uudee's Swashbuckling Dandies (MN), Vanthan (KH), dan VVAS (TH).

Festival showcase internasional tersebut bakal ditutup dengan kamp penulisan lagu pribadi, tambahan terbaru dalam rangkaian programnya yang beragam dan luas.

Inisiatif itu bertujuan untuk menumbuhkan semangat kreativitas dan inklusivitas dalam lingkungan global sambil mendorong kolaborasi lintas budaya di antara penulis lagu, produser, di kawasan ASEAN dan dari wilayah lain di dunia.

David Siow, salah satu pendiri dan co-director AXEAN Festival, menganjurkan pendekatan yang lebih DIY untuk kamp penulisan lagu.

Hal itu didukung oleh tujuannya untuk memberdayakan dan menghubungkan komunitas kreatif musik dari seluruh dunia, sambil memastikan hasil dan peluang yang adil dari serangkaian sesi kolaboratif.

"Bagi kami, ini semua tentang memberdayakan artis dan memajukan karier mereka, bagi Bali, masuk akal untuk melakukan kamp dan menciptakan getaran, kenangan, dan lagu yang baik untuk semua yang terlibat," jelas Siow.

Muenprasertdee, co-director festival, juga menekankan pentingnya kamp penulisan lagu di AXEAN Festival 2024.

Menurutnya, tidak hanya dalam memecahkan hambatan secara harfiah dan metaforis, tetapi juga dalam menghasilkan kolaborasi strategis yang telah terbukti membantu artis memasuki pasar baru dengan berbagi basis penggemar.

Dia menyebut Flower.far dari Thailand dengan Fern. dari Filipina; dan Vu Thanh Van dari Vietnam dengan H 3 F dari Thailand sebagai beberapa kisah sukses terbaru.

"Selain beberapa artis yang menampilkan diri tahun ini, kami juga telah mengundang beberapa alumni, penulis lagu tamu, dan produser untuk membuatnya lebih menyenangkan dan produktif. Nantikan musik baru yang keluar dari kamp kami," tambah Muenprasertdee.

Tiket AXEAN Festival 2024 sudah dapat dibeli melalui laman resmi penyelenggara. 

(ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler