Aziz Syamsuddin Serahkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Bencana di NTT

Sabtu, 17 April 2021 – 23:57 WIB
Wakil Ketua DPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Trisakti (IKA USAKTI) Aziz Syamsuddin saat meninjau dapur umum untuk warga korban banjir dan badai sinklon seroja di Desa Oebelo, Kabupaten Kupang Provinsi NTT pada Sabtu (17/4). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, KUPANG - Wakil Ketua DPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Trisakti (IKA USAKTI) Aziz Syamsuddin menyambangi beberapa lokasi terdampak badai siklon seroja di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Sabtu (17/4).

Aziz yang didampingi pengurus IKA USAKTI dan beberapa anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar itu menyerahkan bantuan kepada warga terdampak bencana di beberapa lokasi.

BACA JUGA: Respons Aziz Syamsuddin Soal Aturan Larangan Mudik

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu juga berkesempatan meninjau langsung tempat pengungsian termasuk dapur umum, dan rumah warga korban bencana.

Aziz sempat berkomunikasi langsung dengan warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat badai tersebut.

BACA JUGA: Aziz Yanuar Sebut Habib Rizieq Resmi Bergelar Doktor, Nih Judul Disertasinya

Dalam kesempatan tu, Aziz tampak mendatangi sebuah rumah beratapkan daun lontar yang merupakan tempat tinggal seorang ibu bersama anaknya masih balita. Rumah itu tampak gelap karena jaringan listrik mengalami gangguan akibat bencana.

BACA JUGA: KRI Tanjung Kambani Angkut Bansos dari Masyarakat Jatim untuk Korban Bencana di NTT

 

Dalam kunjungan tersebut, Azis Syamsuddin juga meresmikan pendopo atau rumah baca di Desa Oebelo.

Aziz berharap rumah baca tersebut dapat meningkatkan minat baca dan membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, khususnya di Wilayah Kabupaten Kupang.

“Program ini merupakan dukungan dan bantuan dari IKA USAKTI sebagai bentuk komitmen gerakan pengabdian masyarakat, semoga pendirian pendopo bisa bermanfaat dalam jangka panjang dan dapat digunakan untuk pelayanan kesehatan fisik dan psikologis (trauma healing), balai pertemuan, titik pengungsian darurat, dan sebagainya," kata Aziz.

Menurut Aziz, pendopo atau rumah baca ini akan dilengkapi dengan jaringan Wifi, sehingga dapat mempermudah masyarakat maupun para siswa dalam mengakses segala informasi.

Selain mendirikan pendopo, lanjut dia, bersama IKA USAKTI juga mendirikan Mandi Cuci Kakus (MCK) darurat serta melakukan bakti sosial (Baksos) dengan memberikan sembako kepada masyarakat NTT yang terdampak bencana di wilayah Kabupaten Kupang.

Aziz dan rombongan berencana meresmikan pendopo atau rumah baca dan juga memberikan bantuan kepada warga di Kabupaten Sumba Timur pada Minggu (18/4).

"Semoga bantuan ini dapat meringankan masyarakat yang terdampak bencana dan bukti kepedulian IKA USAKTI hadir di tengah masyarakat,” ujar eks Ketua Komisi III DPR RI itu.

Ketua Bidang Data dan Informasi (kehumasan) IKA USAKTI Lindsey Afsari Puteri menambahkan pendirian pendopo baca akan didirikan di dua lokasi, yakni di Desa Oebelo, Kabupaten Kupang dan Desa Waingapu di Kabupaten Sumba Timur.

Lindsey berharap pembangunan pendopo tersebut dapat membangkitkan semangat masyarakat sekitar untuk dapat pulih kembali dari bencana.

Dirinya juga menerangkan bahwa IKA USAKTI juga memberikan bantuan seperti sarung, masker dan sembako dalam memenuhi kebutuhan keseharian masyarakat sekitar.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan dukungannya untuk mensukseskan pendirian Pendopo, Mushola, dan MCK, dan ini tentunya merupakan milik kita bersama," ucap Lindsey.

Tampak ikut mendampingi Aziz Syamsuddin antara lain anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Melki Laka Lena, Nurul Arifin dan sejumlah pengurus dan alumni IKA USAKTI.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler