Baca Nih Manfaat Teh bagi Kesehatan Anda

Rabu, 29 Maret 2017 – 11:34 WIB
Teh Jahe. ILUSTRASI. FOTO: Laman Care2

jpnn.com, JAKARTA - Peradangan adalah proses alami dimana tubuh menggunakan sel darah putih untuk melindungi kita dari infeksi dan organisme asing lainnya seperti bakteri atau virus.

Namun, dalam beberapa kasus, tubuh bisa salah, dimana mereka justru memicu respons inflamasi menjadi salah arah ketika tidak ada infeksi dan organisme asing lainnya seperti bakteri atau virus untuk dilawan.

BACA JUGA: Secangkir Teh Sehari Bisa Cegah Resiko Penyakit Jantung

Arthritis adalah salah satu kasus ini, bersama sejumlah penyakit autoimun lainnya.

Kadang-kadang inflamasi menunjukkan dirinya sebagai nyeri sendi atau kekakuan, pembengkakan dan kemerahan atau kehilangan fungsi sendi.

Peradangan sering langsung dipengaruhi oleh apa yang kita makan dan minum, seperti gula, susu, makanan yang digoreng, minyak sayur, tepung halus, gluten, alkohol, lemak jenuh dan daging.

Namun Anda jangan khawatir, karena ada sejumlah makanan yang benar-benar bisa mengurangi peradangan serta kondisi pro-inflamasi seperti diabetes dan penyakit jantung.

Beberapa di antaranya adalah teh herbal, seperti dilansir laman Care2, Selasa (28/3).

1. Teh jahe

Teh jahe tidak hanya bisa mengatasi perut mual. Bahkan, jahe telah terbukti mengurangi peradangan dan nyeri lutut kronis pada orang dengan arthritis.

Untuk membuat teh dari jahe, iris jahedan kemudian rendam ke dalam air panas selama 10-12 menit.

2) Teh hijau

Teh hijau adalah obat yang sangat baik untuk mengatasi peradangan. Teh hijau adalah antioksidan yang fantastis yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah penyakit kardiovaskular dan bahkan memiliki sifat anti-kanker.

3) Teh kunyit

Setiap hari, tampaknya ada saja manfaat kesehatan baru yang berkaitan dengan kunyit. Kunyit adalah rempah-rempah yang sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Bahan aktif dalam kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan kuat yang bisa menurunkan kadar enzim yang bertanggung jawab dalam hal menyebabkan peradangan.

Hanya campurkan 1/4 sendok teh bubuk kunyit bersama dengan 1/4 teh bubuk jahe ke dalam air mendidih selama 10-15 menit untuk mendapatkan manfaatnya.

4) Rose Tea Hip

Bola kecil kemerahan yang ditemukan pada batang tanaman mawar ini merupakan sumber terkonsentrasi vitamin C.

Mereka juga kaya akan fitokimia dan galactolipids yang memiliki sifat anti-inflamasi dan bisa mengatasi osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

5) Teh Willow Bark

Teh Tiongkok kuno ini secara kimiawi mirip dengan aspirin dan telah digunakan sebagai bantuan untuk mengatasi nyeri selama berabad-abad.

Memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik dan kaya akan flavanoids, teh ini pasti akan membantu mengurangi rasa nyeri Anda dalam waktu singkat.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Manfaat Teh   Teh  

Terpopuler