Bagaimana Mengobati Covid-19 di Rumah? Dokter Faheem Punya Tipsnya

Selasa, 20 Juli 2021 – 14:21 WIB
Ilustrasi - Pasien Positif Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Dokter Faheem Younus membagikan tips bagi orang terkonfirmasi positif Covid-19 agar bisa sembuh dari penyakit tersebut meskipun menjalani isolasi mandiri di rumah.

Ilmuwan dan dokter dari University of Maryland School of Medicine Health, Amerika Serikat, itu menyebut beberapa obat yang efektif agar seseorang sembuh dari Covid-19.

BACA JUGA: Pria Berbadan Besar Turun dari Mobil, Terobos Penyekatan, Begini Penampakannya

"Gunakan tablet parasetamol, semprotan hidung oxymetazoline, kumur uap atau air hangat dan tidur yang nyenyak," tulis dia di Twitter akun @FaheemYounus, Selasa (20/7).

Faheem di dalam tulisannya menyebut tidak ada antibiotik dan vitamin yang bisa digunakan seseorang dalam rangka mengobati Covid-19.

BACA JUGA: Terpapar COVID-19, 14 Anak Meninggal Dunia

"Tidak ada antibiotik, ivermectin, vitamin, atau plasma yang dibutuhkan," tutur dokter yang mengantongi Certified Physician Executive (CPE) dan penghargaan Top Doc pada 2017 dan 2018 itu.

Faheem lantas menyarankan pasien positif Covid-19 terus memantau kadar oksigen di dalam darah selama menjalani isoman.

Selanjutnya, pasien terkonfirmasi diharapkan menjalani isoman sekitar tiga pekan.

"Pantau oksimetri nadi Anda setiap hari. Pemulihan dalam dua-tiga pekan," beber dia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengimbau kepada masyarakat supaya jangan panik saat melakukan isolasi mandiri di rumah karena terjangkiti Covid-19.

Pasalnya, pemerintah telah melibatkan sebelas jasa telemedicine swasta yang bisa dimanfaatkan oleh warga selama menjalankan isoman.

"Ada sebelas aplikasi telemedicine bisa digunakan kepada masyarakat dan membantu semuanya dengan baik," kata Luhut dalam konferensi pers secara virtual, Senin (5/7).

Menurut dia, layanan itu bisa digunakan untuk konsultasi seputar konsumsi obat atau vitamin maupun aktivitas selama masa pemulihan kesehatan di rumah.

Selain itu, Luhut juga menyarankan agar masyarakat yang mengalami Covid-19 dengan gejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG) melakukan isolasi mandiri di rumah. (ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler