Baharuddin Lopa Dinilai Layak Jadi Pahlawan Nasional

Senin, 11 November 2013 – 22:24 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Panitia Pengusulan Pemberian Gelar Pahlawan Nasional (PPGPN), Bambang W Soeharto mengatakan sosok almarhum Baharuddin Lopa layak diusulkan oleh masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk jadi pahlawan nasional bidang antikorupsi.

"Almarhum Baharuddin Lopa layak diusulkan masyarakat Sulawesi Selatan untuk jadi pahlawan nasional. Argumentasinya bukan karena Lopa pernah jadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia serta pernah menjabat sebagai Jaksa Agung, tapi karena komitmennya dalam memberantas korupsi," kata Bambang W Soeharto, dalam diskusi, di gedung Nusantara IV, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (11/11).

BACA JUGA: Priyo Anggap Pancasila Bukan Pilar Bangsa

Komitmen Baharuddin Lopa terhadap pemberantasan korupsi ujar Bambang, sangat luar biasa dan konsisten tanpa terpengaruh oleh keadaan politik dan jabatannya.

Lebih lanjut Bambang W Soeharto mengungkap pengalamannya bersama Baharuddin Lopa saat sama-sama bertugas ke Sumatera Utara untuk urusan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia yang direncanakan selama tiga hari.

BACA JUGA: Awas, Modus Calo CPNS Makin Canggih

"Perjalanan direncanakan selama tiga hari. Tapi dalam dua hari pekerjaan bisa diselesaikan dan sisa anggaran satu hari kerja yang bersumber dari Sekneg sekitar Rp 750 ribu saya bagikan pada tiga petugas sekretariat Komnas HAM yang ikut. Ketika Lopa tahu, beliau malah meminta uang itu dikembalikan, karena tidak sesuai prosedur dan itu korupsi. Akhirnya saya ganti dengan dana pribadi saya," ungkap Bambang. (fas/jpnn)

BACA JUGA: Prio Tak Heran Marzuki Dijadikan Sasaran

BACA ARTIKEL LAINNYA... Reses, Sosialisasikan Keberhasilan Pemerintah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler