Bahasa Inggris Bikin Nervous

Sabtu, 15 Juni 2013 – 13:14 WIB
BRASILIA - Suasana di dalam tenda ruang konferensi pers Brasil sangat ramai siang itu (13/6). Tenda putih berukuran 6 x 12 meter yang dibangun di areal parkir utara Brasilia Palace Hotel begitu sesak oleh lebih dari 110 awak media.

Belum lagi dipenuhi perangkat yang mereka bawanya seperti kamera televisi lengkap beserta jaringan kabel dan audionya maupun peralatan kamera foto.

"Media memang tak ingin menyia-nyiakan momen tersebut. Selain menjadi konferensi pers prapertandingan pertama Brasil di Piala Konfederasi 2013, yang dihadirkan adalah bintang utama Tim Samba - sebutan Brasil- Neymar. Pemain anyar Barcelona itu tidak sendirian alias ditemani Rever, defender asal klub Atletico Mineiro.

Agenda yang dijadwalkab pukul 12.30 itu memang molor 20 menit. Meski begitu, sosok Neymar memang patut ditunggu. Ketika Nemymar memasuki tenda dari sisi selatan, kilatan blitz dan suara jepretan kamera kompak bersahutan.

Mengenakan jersey dan celana pendek latihan Brasil warna hijau-hijau yang dikombinasikan topi warna senada yang dipakai terbalik, pemilik nama lengkap Neymar da Silva Santos Junior itu seakan ingin menonjolkan trademark-nya.

"Rever mendapat giliran pertama untuk tanya jawab. Tapi, tetap saja perhatian utama tertuju kepada Neymar. Gerak-geriknya atau gesture-nya seperti obyek yang tak boleh luput diabadikan.

Atensi besar itu mungkin membuat Neymar, sekalipun pernah diperkenalkan kepada 50 ribu pendukung Barcelona pada 3 Juni lalu, sempat nervous dengan beberapa kali membetulkan kerah baju, topi, maupun melihat ke bawah.

"Neymar juga salah tingkah ketika seorang jurnalis wanita asal Jepang memberikan pertanyaan dalam bahasa Inggris. Protokol konferensi pers mengaatasinya dengan membuat aturan bahwa pertanyaan silakan diajukan dalam bahasa Inggris, tapi tetap saja jawabannya dengan bahasa Portugis dan tidak ada penerjemahnya.
 
Sebagai pemain yang memulai karir di Eropa, Neymar memang butuh sekalipun dia bermain untuk klub yang komunikasi pemainnya mayoritas dengan bahasa yang dikuasainya sekarang. "Saya masih mempelajarinya (bahasa Inggris, Red)," ucap ayah Davi Lucca (2 tahun) itu.

Predikat sebagai bintang baru di sebuah klub top seperti Barca (sebutan Barcelona) juga disikapinya Neymar dengan tetap low profile. Seperti saat seorang wartawan tiba-tiba menariknya dan memintanya untuk menandatangani jersey timnas Brasil yang dibawanya seusai konferensi pers, Neymar yang sudah ditarik bodyguard itu masih mau melayani dengan ramah. Juga saat menandatangani notes yang disodorkan koran ini.

Neymar memang ikon sepak bola Brasil saat ini. Profilnya hampir selalu menghiasai sewtiap stasiun televisi Brasil terkait liputan Piala Konfederasi. Rede Globo misalnya. Konferensi pers Neymar yang disiarkan televisi tersebut di malam hari menyoroti wajah pemain terbaik Amerika Latin dua edisi terakhir itu dari berbagai angle.

"Semua pemain mencoba beradaptasi sebagai satu kesatuan tim, tak terkecuali Neymar. Dia pemain bagus dan kami semua memberikan support kepadanya," jelas Rever. (dns)

Atribut Neymar
-Topi warna hijau yang dipakai terbalik
- Piercing di kedua telinga
-Jam tangan dengan hiasan bendera Brasil
- Cincin di jari manis kanan
- Gadget. Neymar adalah raja posting di media social dan ketika berjalan dari hotel menuju ruang konferensi pers sibuk mengoperasikan smartphone

Gesture Neymar dalam Angka
Sekali - Mengelus alis, membetulkan topi, mengerlingkan mata
2 kali  -Menggaruk hidung dan membetulkan kerah jersey-nya.
3 kali -Menggaruk telinga, menutupi mulut
4 kali - Menunjukkan dua jari yang membentuk huruf V. Itu sepertinya ekpresi spontan dirinya ketika seseorang meneriakinya.
5 kali - Bertopang dagu
13 kali -Tertawa. Salah satunya ketika ditanya apakah dia masih menggunakan Park Ji-sung saat bermain game. Dua tahun lalu, Neymar pernah mengatakan bahwa pemain Asia yang sering dimainkannya dalam game adalah bintang internasional Korsel yang kini bermain untuk Queens Park Rangers (QPR) itu
17 kali - Tersenyum. Seperti saat ditanya mengenai siapa yang lebih hebat antaranya dirinya atau Mario Balotelli.
Keterangan:  Selama sesi konferensi pers di Brasilia Palace Hotel

BACA ARTIKEL LAINNYA... Komdis Revisi Kode Disiplin

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler