Bahaya Mainan Plastik Pada Anak

Kamis, 23 Mei 2013 – 16:12 WIB
PAPARAN phalates (bahan kimia yang dikaitkan dengan efek kesehatan yang merugikan dalam dosis tinggi), yang digunakan dalam kemasan makanan dan barang-barang lainnya seperti gelas plastik, bola pantai dan  mainan plastik, diduga menyebabkan metabolisme yang signifikan, kelainan hormonal dan tekanan darah tinggi, terutama selama masa pertumbuhan anak-anak.

Laporan yang dipublikasikan dalam Journal of Pediatrics, mengatakan bahwa paparan DEHP (di-2-ethyhexylphthalate), yang sering digunakan dalam produksi pangan industri, bertanggung jawab untuk tekanan darah sistolik tinggi (ukuran tekanan dalam arteri saat jantung berdetak) pada anak-anak.

"Phthalates dapat menghambat fungsi sel jantung, dan menyebabkan stres oksidatif yang membahayakan kesehatan arteri pada anak-anak," kata profesor pediatri di NYU Langone Medical Centre, Dr Leonardo Trasande, dilansir laman Daily Mail.

"Kami ingin meneliti hubungan antara phthalates dan tekanan darah anak-anak, mengingat saat ini kasus tekanan darah tinggi pada anak-anak sedang meningkat. Studi kami menggarisbawahi perlunya inisiatif kebijakan pemerintah, yang membatasi penggunaan bahan kimia yang mengganggu, sehingga dapat melindungi kesehatan anak-anak" kata Dr. Trasande lebih lanjut.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pernikahan Bahagia Ternyata Bikin Gemuk

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler