Bahaya Makanan yang Digoreng dan Dipanggang

Selasa, 07 Januari 2014 – 15:02 WIB
Ilustrasi

jpnn.com - TIDAK cukup hanya dengan berhenti merokok jika anda ingin mengurangi risiko kanker. Sebuah studi terbaru menemukan adanya zat kimia berbahaya seperti pada rokok, yang terdapat pada makanan yang diolah dengan cara digoreng atau dipanggang.

"Zat penyebab kanker pada rokok yang dikenal sebagai akrilamida, juga dapat terbentuk dalam makanan selama menggunakan suhu memasak yang tinggi seperti digoreng dan dipanggang," kata juru bicara The US Food and Drug Administration (FDA), seperti dilansir laman Today Health.

BACA JUGA: Rahasia Penari Balet Menghindari Pusing

Gula dan asam amino yang ditemukan dalam sebagian besar makanan nabati bergabung membentuk akrilamida di bawah suhu tinggi.

Jika anda merasa sulit untuk benar-benar menghindari makanan yang diolah dengan cara digoreng, FDA menegaskan bahwa anda masih bisa mengkonsumsinya. Hanya saja dianjurkan untuk membatasi porsinya, jangan berlebihan.

BACA JUGA: 7 Jenis Nyeri yang Tidak Boleh Diabaikan

Selain itu, terapkan pola makan sehat yang seimbang dengan mengutamakan menu seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan susu bebas lemak. Bisa juga menambahkan produk olahan susu, daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang-kacangan, dan telur.(fny/pnn)

BACA JUGA: Ini Penyebab Wanita Lebih Berisik saat Bercinta

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rahasia Awet Muda dengan Membekukan Sel Kulit


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler