Bahlil Sebut Bandara di IKN Nusantara Beroperasi sebelum 17 Agustus 2024

Jumat, 12 Juli 2024 – 10:05 WIB
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia (kiri) saat memberikan keterangan di di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sumedang, Jawa Barat, Kamis (11/7/2024). (ANTARA/Rubby Jovan)

jpnn.com - SUMEDANG - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia menyebut bahwa bandara di Ibu Kota Negara Nusantara, Kalimantan Timur, siap beroperasi sebelum 17 Agustus 2024.

Bahlil menyatakan bahwa bandara tersebut akan menjadi salah satu fasilitas bagi para tamu yang akan mengikuti kegiatan upacara HUT Ke-79 RI di IKN Nusantara.

BACA JUGA: Terima Dubes Kazakhstan, Ketua MPR Dukung Kerja Sama Sister City Astana-IKN Nusantara

“Kita akan upacara pada tanggal 17 Agustus di IKN dan sekarang untuk bandaranya akan jadi sebelum tanggal 17 Agustus, kita akan mendarat di sana,” kata Bahlil di Sumedang, Kamis (11/7).

Menurut Bahlil, saat ini pemerintah terus berupaya memastikan seluruh proyek infrastruktur di IKN berjalan sesuai jadwal termasuk, tol akses IKN dapat dimanfaatkan untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI.

BACA JUGA: Menteri Bahlil Lupa Berapa Nilai Investasi Dalam Negeri Untuk Pembangunan Infrastruktur IKN

“Kemudian akses tol juga hampir jadi, ya, kita doakan mudah-mudahan tinggal sekitar hampir kurang lebih sekitar 10 kilometer,” ungkap Bahlil.

Dia mengatakan bahwa tol ini dapat menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di Penajam Paser Utara, utamanya melintasi tol IKN dan Jembatan Pulau Balang.

BACA JUGA: Kemenag Menyiapkan 1.378 Formasi CASN 2024 Khusus untuk Penempatan IKN Nusantara

Selain itu, Bahlil juga memastikan kehadiran Presiden Terpilih Prabowo Subianto pada agenda Upacara HUT Ke-79 RI di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024.

“Yang jelas Pak Prabowo akan upacara tanggal 17 Agustus di IKN,” tegasnya.

Adapun pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 RI digelar IKN dan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Pelaksanaan upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dengan didampingi Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Upacara HUT Ke-79 RI di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan didampingi Wapres Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa yang menjadi alasan upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 digelar di dua lokasi, karena saat ini masih dalam masa transisi perpindahan dari Jakarta ke IKN. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler