Bahtiar Calon Pj Gubernur DKI Jakarta, Mengapa Namanya Cepat Mencuat?

Selasa, 13 September 2022 – 17:05 WIB
Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar saat menjabat sebagai Pj Gubernur Kepri. Bahtiar salah satu calon Pj Gubernur DKI Jakarta yang diusulkan DPRD setempat. Foto: Humas Pemprov Kepri/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta sudah memutuskan mengusulkan tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

Tiga calon Pj Gubernur DKI Jakarta yang diusulkan DPRD, yakni Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar, dan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali.

BACA JUGA: Ini 3 Calon Pj Gubernur DKI Jakarta yang Diusulkan DPRD

“Jadi nama yang tersaring untuk diserahkan ke Menteri Dalam Negeri, enggak ada urutan ya ini, pertama Heru Budi Hartono, kedua Marullah Matali, ketiga Bahtiar,” kata Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi saat rapat paripurna, Selasa (13/9).

Masuknya nama Bahtiar dalam daftar calon Pj Gubernur DKI Jakarta yang diusulkan DPRD, bisa dibilang mengejutkan.

BACA JUGA: 3 Kriteria Pj Gubernur DKI Jakarta versi Komisi II DPR, Siapa yang Pas?

Bagaimana tidak, nama birokrat bergelar doktor ilmu pemerintahan itu baru muncul dalam bursa calon Pj Gubernur DKI Jakarta, beberapa hari belakangan ini.

Namun, hari ini, dari 9 fraksi di DPRD DKI Jakarta, enam di antaranya memasukkan nama Bahtiar dalam daftar 3 calon Pj gubernur yang disodorkan dalam rapat paripurna dewan.

BACA JUGA: Profil Bahtiar, Pejabat Eselon I Kemendagri Kandidat Pj Gubernur DKI Jakarta

Enam fraksi itu yakni PDI Perjuangan, PKS, Partai Demokrat, PAN, Partai NasDem, dan Partai Golkar.

Masuknya nama Bahtiar, yang pernah menjadi Pj Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) itu, membuat nama Juri Ardiantoro terpental.

Bahtiar Sosok Komunikatif dan Pemersatu

Tampaknya fraksi-fraksi yang mengusulkan nama Bahtiar mempertimbangkan track record pria kelahiran Bone, Sulsel, itu.

Ada sebuah harapan besar sosok Bahtiar mampu menjaga situasi sosial politik di Ibu Kota yang sangat dinamis. Agar situasi Jakarta senantiasa damai.

Jabatan Direktur Ormas yang pernah diduduki membuat Bahtiar matang dalam berkomunikasi dengan beragam elemen masyarakat.

Saat masih menjabat sebagai Kasubdit Ormas Ditjen Polpum Kemendagri, hampir setiap hari ruang kerjanya di Jalan Merdeka Utara Jakarta, selalu terbuka, tamu dari kalangan ormas datang silih berganti, berdiskusi, bertukar pikiran, menyerap aspirasi, sekaligus menyampaikan arahan.

Bahtiar yang pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri dan Direktur Politik Dalam Negeri punya kemampuan membangun komunikasi yang baik dengan para tokoh masyarakat, termasuk kalangan ormas.

Kemampuan Bahtiar sebagai birokrat yang mampu merangkul semua kalangan dan mengintegrasikan beragam etnis sudah terbukti saat dia menjadi Pj Gubernur Kepri, sebuah daerah yang multietnis.

Kota Batam yang dikenal sebagai daerah multikultur, banyak ormas, geliat sosial politiknya cukup kencang, kondisinya baik-baik saja saat Bahtiar menjadi Pj Gubernur Kepri.

Tidak berlebihan jika Anggota DPD Prof Jimly Asshiddiqie beberapa waktu lalu menyebut Bahtiar sebagai figur ideal menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta.

DKI Jakarta memiliki masyarakat yang multikultur sehingga ketenteramannya perlu dijaga.

Kemampuan tersebut, kata Prof Jimly, dimiliki Bahtiar karena pernah menduduki jabatan strategis yang berhubungan dengan masyarakat.

Ya, tampaknya Bahtiar diharapkan menjadi sosok yang mengintegrasikan warga Jakarta yang dikenal sangat heterogen, multietnis.

Berikut Usulan 9 Fraksi tentang Calon Pj Gubernur DKI Jakarta:

Fraksi PDI Perjuangan

1. Drs. Heru Budi Hartono

2. H. Marullah Matali

3. Dr. Drs. Bahtiar, M.Si

Fraksi Gerindra

1. Juri Ardiantoro

2. Haji Marullah Matali

3. Drs Heru Budi Hartono

Fraksi PKS

1. Dr Bachtiar

2. Haji Marullah Matali

3. Drs Heru Budi Hartono

Fraksi Partai Demokrat

1. Marullah Matali

2. Heru Budi

3. Bachtiar

Fraksi PAN

1. Dr Bachtiar

2. Haji Marullah Matali

3. Drs Heru Budi Hartono

Fraksi PSI

1. Heru Budi

2. Marullah Matali

3. Juri Ardiantoro

Fraksi Partai NasDem

1. Heru Budi Hartono

2. Drs Bachtiar

3. Marullah Matali

Fraksi Partai Golkar

1. Drs Bachtiar

2. Marullah Matali

3. Heru Budi Hartono

Fraksi PKB-PPP

1. Marullah Matali

2. Drs Heru Budi

3. Juri Ardiantoro. (mcr4/sam/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler