Bamsoet Apresiasi Kiprah 3 Tahun Dewa United Tingkatkan Prestasi Olahraga Nasional

Kamis, 29 Februari 2024 – 21:50 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) turut hadir dalam acara HUT ke-3 Dewa United yang berlangsung di Dewa United Sports Complex, Tangerang, Kamis (29/2). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, TANGERANG - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet mengapresiasi perjalanan tiga tahun Dewa United di bawah inisiator Founder JHL Group Jerry Hermawan Lo.

JHL Group menjadi induk dari tiga divisi olahraga, yakni sepak bola melalui Dewa United FC, basket melalui Dewa United Banten, dan e-Sport melalui Dewa United e-Sport Club.

BACA JUGA: Dewa United Vs RANS Nusantara 5-0, Ada Musibah di Manahan

Bamsoet yang juga Dewan Pembina Club Bola Dewa United menyebut JHL Group juga memiliki Dewa United Sports Complex mencapai 12 hektare di kawasan Tangerang dengan beragam fasilitas.

Mulai dari arena basket berkapasitas dua ribuan penonton, lapangan sepakbola berstandar internasional, penginapan, mess, dorm, gym, kolam renang, dan fasilitas kesehatan, seperti dokter pribadi, fisioterapi, hingga ahli nutrisi dan gizi.

BACA JUGA: Pemain Dewa United Laris Manis Dipanggil Timnas, Ada yang Bermain untuk Bahama dan Dominika

Selain itu juga memiliki gaming house dengan kecepatan internet yang tinggi.

"Ke depan juga akan ada sekolah dan akademi olahraga menjadikannya sebagai yang terlengkap, terdepan, dan termodern di Indonesia," kata Bamsoet seusai menghadiri acara ultah ke-3 Dewa United di Dewa United Sports Complex, Tangerang, Kamis (29/2).

BACA JUGA: Klasemen IBL 2024: Dewa United dan RANS Perkasa, Satria Muda Tercecer

Lebih lanjut Bamsoet menyampaikan Dewa United juga memiliki Yayasan Merah Putih Peduli Atlet yang memberikan perhatian kepada atlet-atlet yang pernah berjasa mengharumkan nama Indonesia, namun saat ini nasibnya kurang beruntung lantaran mengalami masalah ekonomi maupun kesehatan.

Misalnya dengan membantu pengobatan juara dunia bulu tangkis Verawaty Fajrin.

"Selain melakukan pembinaan terhadap atlet muda sepakbola, basket, dan e-Sport, kehadiran Dewa United juga membuktikan bahwa olahraga dapat dikelola sebagai sebuah industri sekaligus tanpa melupakan misi sosial kemanusiaan," jelas Bamsoet.

Dari divisi sepakbola, lanjut Bamsoet, prestasi membanggakan ditunjukkan Dewa United FC yang berhasil menembus kompetisi teratas Liga 1 Indonesia. Setelah sebelumnya berjuang dari kompetisi Liga 2 pada musim 2021, dan promosi ke Liga 1 pada musim 2022.

Dilatih Jan Olde Riekerink, Dewa United FC terus berusaha meraih prestasi terbaik musim ini dengan menempati papan tengah klasemen.

Dari basket, Dewa United Banten menargetkan juara Indonesia Basketball League (IBL).

Mengingat sejak pertama kali ikut serta pada IBL musim 2021, Dewa United Banten langsung membuat gebrakan dengan finish di urutan empat besar.

Di musim berikutnya juga tidak pernah absen di babak semifinal dan kembali mengakhiri musim di posisi empat besar.

"Di awal musim 2024 ini, Dewa United Banten masih memimpin klasemen IBL, dan sejauh ini menjadi satu-satunya tim IBL yang belum terkalahkan, dengan catatan sempurna menyapu bersih lima kemenangan beruntun," jelas Bamsoet.

Dia menambahkan dari olahraga e-Sport, Dewa United e-Sports semakin menjadi tim yang disegani karena menorehkan berbagai prestasi.

Antara lain berhasil masuk playoff pada keikutsertaan pertama kali pada Mobile Legends Pro League (MPL) season 12 tahun 2023, menembus level dunia dengan bertanding di ESL Challenger League Asia yang kini telah memasuki season 47, dan mengikuti FFWS SEA 2024 turnamen Free Fire yang mempertemukan tim-tim Esports Asia Tenggara.

Dewa United e-Sports juga mampu memborong gelar terbanyak pada Piala Presiden e-Sports 2021 di Nusa Dua Bali dengan meraih juara game Lokapala dan Battle of Satria.

"Dewa United e-Sports meraih juara satu ajang ASL Spring 2022 serta FIFAe Global Series 2023, dan berhasil mengirimkan 4 atletnya mewakili Timnas e-Sports Indonesia di SEA Games 2021," pungkas Bamsoet. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler