Bamsoet dan Menteri Teten Masduki Sepakat Libatkan Koperasi dan UKM di Setiap Event IMI

Sabtu, 06 Mei 2023 – 06:58 WIB
Ketua MPR RI sekaligus Ketum IMI Bambang Soesatyo alias Bamsoet (kiri) bertemu Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di kantor Kemenkop dan UKM, Jakarta, Jumat (5/5). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo alias Bamsoet bersama Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki sepakat untuk membuat nota kesepahaman untuk melakukan berbagai kerja sama antara IMI dengan Kementerian Koperasi dan UKM.

Kerja sama tersebut, seperti dilibatkannya koperasi dan UKM dalam berbagai event motor sport yang diselenggarakan oleh keluarga besar IMI.

Kemudian mengembangkan sekolah MiniGP untuk anak usia 4 tahun ke atas agar bisa melahirkan pembalap MotoGP dari Indonesia.

BACA JUGA: Bamsoet Ajak Investor Korea Selatan Investasi di IKN Nusantara

Kerja sama lainnya antara IMI dengan kementerian yang dipimpin Menteri teten Masduki adalah mengembangkan UKM bidang otomotif khususnya para builder agar bisa meningkatkan diri dari sekadar hobi menjadi perakitan dan modifikasi hingga bisa menembus menjadi industri.

Selanjutnya pengembangan Koperasi Multi Pihak (KMP) untuk pemberdayaan UKM sektor otomotif.

BACA JUGA: Kemenparekraf Dukung Penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2023, Bamsoet Bilang Begini

"Pelibatan koperasi dan UKM di bawah binaan Kemenkop UKM dalam berbagai event motorsport sangat penting," ujar Bamsoet seusai bertemu Menteri Teten Masduki di Kantor Kemenkop UKM, Jumat (5/5).

Bamsoet mencontohkan dalam keadaan normal sebelum pandemi Covid-19, per tahunnya keluarga besar IMI bisa menyelenggarakan sekitar 1.419 event balap di seluruh Indonesia.

Mulai dari balap mobil maupun sepeda motor dari tingkat internasional, nasional, regional hingga antar klub.

"Seluruhnya bisa dimanfaatkan oleh koperasi dan UKM untuk memasarkan produk barang dan jasa mereka," ujar Bamsoet yang sekarang menjabat sebagai Ketua MPR RI.

Pada tahun ini saja, lanjut Bamsoet, IMI akan memfasilitasi 8 putaran kejuaraan internasional balap mobil dan motor.

Untuk kejuaraan internasional balap mobil, terdiri dari Jakarta E-Prix 2023 sebanyak dua putaran pada 3 dan 4 Juni 2023 di Jakarta International ePrix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta.

Kemudian Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2023 sebanyak dua putaran pada 22-23 September 2023 serta 24-26 November 2023 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

"Untuk kejuaraan internasional balap motor, setelah World Superbike (WSBK) pada 3-5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, NTB, juga akan ada Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) sebanyak dua putaran pada 25 Juni 2023 di Samota Rocket Motor Circuit, Sumbawa, serta 2 Juli 2023 di Lombok, NTB," sebutnya.

Puncaknya, kata Bamsoet, MotoGP 2023 pada 13-15 Oktober 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, NTB.

"Seluruhnya harus dimanfaatkan oleh pelaku usaha Koperasi dan UKM dalam meningkatkan pemasaran berbagai produk dan jasa mereka dari mulai merchandise, souvenir, dan lainnya," tegas Waketum Partai Golkar itu.

Masih kata Bamsoet, kerja sama IMI dengan Kemenkop UKM juga sangat penting agar para pelaku koperasi dan UKM sektor otomotif bisa lebih diberdayakan untuk meningkatkan kemampuan produksi dan pemasaran.

Hal ini mengingat Indonesia memiliki banyak pelaku usaha koperasi dan UKM yang berkualitas.

Bamsoet mencontohkan di Kabupaten Purbalingga terdapat banyak sekali pelaku UKM yang memproduksi knalpot, bahkan sudah menembus pasar dunia.

Begitu juga daerah lain, seperti di Bali terdapat Tuksedo Studio yang memproduksi dengan skema re-creation berbagai mobil klasik legendaris secara handmade.

Mulai dari Porsche 356 Speedster (1957), Porsche 356 A Coupe (1955 1959), Porsche 550 Spyder (1953-1956), Mercedes Benz 300 SL Gullwing (1954 1957), Toyota 2000 GT 1968 (1967-1970), Jaguar XK 120 (1948 1954), Ferrari 250 GTO (1962-1964), hingga Maserati 450S (1956-1958).

"Para pekerja di Tuksedo Studio berasal dari sumber daya manusia lokal Bali dan sekitarnya dengan rata-rata bergelar sarjana," beber Bamsoet.

Tuksedo Studio juga membuka kesempatan kepada para mahasiswa untuk magang disana.

Menurut Bamsoet, ini membuktikan anak bangsa sebetulnya mampu membuat kendaraan dengan kualitas internasional.

"Lokasi workshop yang berada di Bali juga menjadikan Tuksedo Studio sebagai destinasi sport automotive tourism yang bisa menarik wisatawan datang ke Bali," pungkas Bamsoet.

Turut hadir dalam pertemuan dengan Menteri Teten Masduki, yakni pengurus IMI Pusat yang juga Dewan Penasihat sekaligus Anggota Komisi X DPR Robert Kardinal, Wakil Ketua Umum Hubungan Antar-Lembaga Junaidi Elvis, Hubungan Antar-Lembaga Djoko Iman Santoso, Komisi Sosial Aris Birawa, serta Komunikasi dan Media Hasby Zamri.

Hadir pula jajaran Kemenkop UKM, antara lain Plh Deputi Bidang UKM Rulli Nuryanto, Agus Santoso (staf khusus), serta M Ali (kasubbag humas dan publikasi). (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler