Bamsoet: IMI dan Gallant Venture Berkolaborasi Bangun Sirkuit Bintan

Kamis, 17 Maret 2022 – 20:58 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo usai menandatangani nota kesepahamanan antara IMI dan Gallant Venture Pte LTD di Bintan, Kamis (17/3). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, BINTAN - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama CEO Gallant Venture Pte LTD Singapura Mr. Eugene Cho Park menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk bekerja sama membangun Bintan International Circuit great 1.

Pembangunan ini direncanakan selesai dalam dua tahun dengan investasi murni dari swasta mencapai Rp 1,2 triliun, tidak menggunakan APBN atau APBD.

BACA JUGA: Bamsoet: Pasar Otomotif Indonesia Sangat Menggiurkan

Sirkuit ini dipersiapkan untuk menggelar berbagai kejuaraan balap dunia, seperti Formula 1, Formula 2, Formula 3, GT3, World Endurance Championship, V8 Supercars, World Touring Car Cup, hingga Nascar Oval.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini menjelaskan, Pertamina Mandalika Internasional Sirkuit yang digagas Presiden Joko Widodo berjalan sukses.

BACA JUGA: BMW Hadirkan Bengkel Perbaikan Mobil Terlengkap di Indonesia, Bamsoet Bilang Begini

Pengurus Pusat IMI tengah mempersiapkan sirkuit internasional lain di lima titik.

Pertama, Bintan Circuit International. Kedua, West Java Sentul International Circuit kerja sama IMI Pusat dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan pengelola Sirkuit Sentul.

BACA JUGA: Bamsoet dan Jokowi Menjamu Pembalap MotoGP dengan Wedang Jahe di Istana Negara

Ketiga, IMI berencana mengembangkan Kawasan Pusat Olahraga Sumatera Selatan Jakabaring di Palembang menjadi Street Sirkuit International Jakabaring.

Keempat, IMI Pusat menjajaki kerja sama dengan Agung Sedayu Group untuk membangun PIK 2 International Circuit great 1 di kawasan PIK Jakarta.

Kelima, Sirkuit Bali Pecatu Go-kart Internasional di Kawasan Bali Pecatu Jimbaran Bali.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, pembangunan Bintan International Circuit melibatkan konsultan internasional dari Inggris, Populous.

Rekam jejaknya tidak perlu diragukan karena telah banyak mendesain arena motorsport di berbagai negara dunia.

"Detail engineering design (DED) dan studi kelayakan (feasibility study) sedang diselesaikan,'' ungkapnya.

Konsep pembangunan Bintan International Circuit dirancang dengan menawarkan pemandangan laut Bintan yang indah.

Sirkuit ini akan memiliki karakter dan keunikan yang tidak ditemui di sirkuit mana pun di dunia.

Sebab, Ini akan menjadi sirkuit pertama dan satu-satunya di dunia yang memiliki kanal sehingga air laut bisa mengalir ke kawasan sirkuit.

''Menjadikan ratusan kapal pesiar bisa bersandar sehingga turis bisa menonton balapan dari dalam kapal pesiar masing-masing," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, Bintan International Circuit selain memajukan olahraga balap di Indonesia menjadi destinasi sport automotive tourism.

"Sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kepulauan Riau yang saat ini mencapai Rp 1,348 triliun agar bisa meningkat hingga dua kali lipat," pungkas Bamsoet. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler