Bangkitkan Lagi Pariwisata Sumbar Lewat Balap Sepeda

Sabtu, 30 Januari 2010 – 02:09 WIB
JAKARTA- Misi mulia akan dijalankan penyelenggara Tour de Singkarak 2010Lewat agenda balap sepeda, mereka ingin memulihkan sekaligus membangkitkan kembali semangat masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) pascagempa dahsyat yang mengguncang pada 2009 lalu.

Karena itu, mereka pun sepakat untuk tetap menggelar Tour de Singkarak

BACA JUGA: Takjub Mobil Baru McLaren

Even tersebut pun telah resmi di launching di Bailarung Gedung Sapta Pesona, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Jakarta, tadi malam.

"Awalnya kami sempat berpikir lebih untuk menggelar even yang kedua ini
Namun, kami akhirnya berkeyakinan bahwa Tour de Singkarak 2010 harus tetap digelar

BACA JUGA: Diberi Sanksi, Langsung Banding

Dengan agenda ini kami ingin membangkitkan kembali semangat masyarakat Sumatera Barat," kata Jero Wacik, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, tadi malam.

Agenda Tour de Singkarak memang menjadi bagian dari program Kementerian Kebudayaan dan Pasiwisata
Menurut, Jero Wacik, Tour de Singkarak tahun ini sangat penting dan vital

BACA JUGA: Pengusutan Bonek Dimulai

Bukan saja untuk semakin mempopulerkan pariwisata SumbarNamun juga untuk membangkitkan dan menggerakkan kembali roda ekonomi Sumbar.

Seperti kita ketahui, Sumbar memang baru saja dilanda gempa hebatGempa tersebut mengguncang bumi Minang pada 30 September 2009"Kami ingin menghapus trauma masyarakat dengan agenda iniUntuk itu, agenda tahun ini kami buat lebih baik lagi," ujar Jero Wacik.

"Tour kali ini memang sangat penting buat kami pascagempaSemoga ini bisa berjalan dengan lancar," tutur Marlis Rahman, gubernur Sumbar.

Pada Tour de Singkarak 2010, penyelenggara memang akan membuat banyak perubahanDalam even yang direncanakan pada 1-6 Juni 2010, panitia bakal menambah jumlah etape dan hadiahUntuk tahun ini, panitia merencanakan menggelar balapan dalam tujuh etape dengan menempuh jarak 750 km.

Etape pertama berisi team time trial di Padang di hari pertamaPada hari kedua akan digelar dua etape sekaligus yakni dari padang ke pariaman, lalu pariaman ke ManinjauPada hari ketiga digelar etape keempat dari Maninjau ke Ngarai SianokBerikutnya adalah Ngarai Sianok menuju Bukit TinggiEtape berikutnya melalui Bukit Tinggi menuju Batusangkar

Etape keenam menempuh Batusangkar ke SawahluntoDan etape terakhir bakal digeber dari Sawahlunto hingga finis di Singkarak"Etape ini lebih banyak dari sebelumnya yang hanya lima etape dengan jarak 458 kmHadiah pun kami naikkan dari Rp 600 juta menjadi Rp 750 juta," terang Sapta Nirwandar, Dirjen Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata(fim)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Demi Samba, Robinho Tinggalkan City


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler