Bangkutaman Rilis Album Dinamika Repackaged di Record Store Day 2023

Jumat, 05 Mei 2023 – 16:01 WIB
Bangkutaman. Foto: Dok. Demajors

jpnn.com, JAKARTA - Grup musik Bangkutaman merilis album bertajuk Dinamika Repackaged pada 6 Mei 2023.

Album ketiga dari grup asal Yogyakarta itu diluncurkan sekaligus untuk merayakan momen Record Store Day 2023.

BACA JUGA: Kampanye Siaga Banjir, Bangkutaman Rilis Tanggap Bencana

Sebelumnya, album Dinamika telah dirilis dalam format fisik berupa kaset pita pada 13 Oktober 2021 sebagai awalan dari LKK (La Munai Kaset Klab), sebuah program kaset yang diinisiasi oleh La Munai bekerja sama dengan Les Siebon.

Album tersebut juga sempat dicetak ulang dalam bentuk CD oleh SRM namun hanya diedarkan dalam jumlah terbatas sebagai bagian program #TauTauTur.

BACA JUGA: Ed Sheeran Rilis Lagu yang Ditulis di Perairan Inggris

Album Dinamika Repackaged berisi 8 rekaman terbaru dari Bangkutaman ditambah 3 track single yang menjadi bagian dari bonus track.

Album Dinamika tercipta setelah menghabiskan jeda cukup lama sejak album Ode Buat Kota di 2010, meski pada 2016 Bangkutaman sempat merilis mini album bertajuk Rileks.

BACA JUGA: The Adams Cetak 3 Album Terbaik dalam Format Piringan Hitam

Ide peluncuran album baru tersebut berhembus sejak 2020, ketika Bangkutaman melepas dua single terbaru, Dinamika dan Badai.

Pada 2021, Bangkutaman kembali melepas single terbaru bertajuk Tabib.

Tiga single tersebut ternyata menjadi jembatan bagi album terbaru Bangkutaman.

Bangkutaman menjdikan lagu Peristiwa sebagai focus track dari album Dinamika.

Lagu yang menjadi track kedua itu ditulis oleh Wahyu Nugroho dengan menampilkan beberapa musisi tamu dalam proses rekaman seperti, Dharmo Soedirman, Agustinus Panji Mardika dan Widi Puradiredja.

Seluruh produksi lagu dikerjakan di dua studio di Jakarta yaitu, Doors Studio dan Palm House Studio pada 2019.

Pandji Adhi Dharma didapuk menjadi produser rekaman album Dinamika, sementara Dharmo Soedirman menjadi pengarah musik.

Nama-nama musisi yang terlibat dalam album Dinamika di antaranya, Indra Perkasa (Tomorrow People Ensemble), Widi Puradiredja (MALIQ & D’Essentials), Dharmo Soedirman (Sentimental Moods), Agustinus Panji Mardika (Efek Rumah Kaca, Leonardo & His Impeccable Six) serta sang produser, Pandji Adhi Dharma (Sirati Dharma, Sleep Shelter).

Dinamika menjadi album pertama Bangkutaman yang dibuat setelah keluarnya dua personel awal band yakni, yaitu gitaris Irwin Ardy dan drummer Dedyk Eryanto.

"Dinamika adalah sebuah pembuktian bahwa band ini masih ada dan masih bisa dan mampu berkarya, di tengah cobaan yang dihadapi," kata Wahyu Acum, pentolan Bangkutaman.

Sebagai penulis lirik dan lagu, vokalis dan gitaris yang disapa Acum itu menyebut album Dinamika sebagai rekaman peristiwa hidup yang terjadi di Bangkutaman.

"Semua hal mengalami dinamikanya, semacam ada kebahagiaan dan kesedihan di satu ruang, gelap dan terang, hitam putih, abu-abu dan warna-warni, semua di satu ruang, satu lingkaran,” tutupnya.

Format compact disc album Dinamika Repackaged dari Bangkutaman diproduksi dan diedarkan oleh Demajors Records.

Selain itu, album tersebut juga tersedia dalam format digital di berbagai platform musik digital.

Video klip terbaru bertajuk Lala (lala) menjadi pendukung dari peluncuran album Dinamika Repackaged dari Bangkutaman. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler