Bangun Kembali Pasar Senen, Jokowi Janji Lindungi PKL

Rabu, 24 Oktober 2012 – 10:54 WIB
JAKARTA - Seminggu lebih resmi menjadi gubernur DKI Jakarta, Jokowi masih terus melakukan kunjungan ke lokasi-lokasi bermasalah di Jakarta. Kali ini sang gubernur anyar tersebut mengunjungi Pasar Senen Blok VI, Jakarta Pusat, Rabu (24/10).

Jokowi mengaku kedatangannya hari ini atas undangan para pedagang kaki lima yang menempati Blok VI. Para pedagang meminta Pemprov DKI untuk membangun kembali pasar Blok VI.

"Gini lho, jadi di Senen ini, di blok VI kan mau dibangun, pedagang pada datang ke saya jadi saya ke sini, nggak sidak. Dari informasi yang masuk ke saya beberapa kelompok, mereka ingin agar pasar ini tetap dibangun," ujar Jokowi.

Pada bulan Maret lalu, Pasar Senen Blok VI lalu ludes dilalap api. Hingga sekarang bangunan pasar tersebut belum dibangun kembali. Para pedagang pun terpaksa berdagang di lokasi darurat.

Menurut Jokowi, para pedagang menginginkan pembangunan Blok VI dilakukan oleh Pemprov DKI dan bukan oleh pihak swasta. Pasalnya, harga sewa yang ditawarkan pihak swasta tidak terjangkau oleh para pedagang kaki lima.

"Persoalannya mereka khawatir tersingkir karena harganya mahal karena ditawarkan investor 115 juta per meter. Coba bayangkan PKL per meter segitu, bisa beli gak?" imbuh Jokowi.

Jokowi berjanji segera mencarikan jalan keluar agar pedagang yang memiliki kios maupun pedagang kaki lima dapat tetap bertahan di Blok VI. Karenanya ia akan mengusahakan harga sewa semurah mungkin bagi para pedagang tersebut.

Untuk mencarikan solusi atas hal ini Jokowi akan segera memanggil Dirut PD Pasar Jaya dan menyampaikan keluhan para pedagang.

"Saya nanti panggil Dirut Pasar Jaya, gimana pedagangnya mintanya segini, kmu solusi apa, sudah gitu aja. Saya mau denger (komentar Dirut Pasar Jaya)," ucap mantan Walikota Surakarta ini. (dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Nasib MRT Masih Ngambang

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler