Banjir Jakarta Capai 3 Meter, 2 Tewas

Rabu, 16 Januari 2013 – 15:45 WIB
JAKARTA - Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyatakan bahwa hingga Rabu (16/1) pukul 13.00 banjir masih merendam 39 kelurahan di DKI Jakarta. Ini sudah menyusut dari sehari sebelumnya yang menggenangi 50 kelurahan. 

"Tinggi banjir bervariasi dari 10 cm hingga tiga meter. Di Kampung Melayu, Cawang, dan Bukit Duri tinggi banjir mencapai 2,5 meter," kata Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (16/1).

Data sementara hingga Rabu (16/1) pukul pukul 11.00, lanjut Sutopo, tercatat 367 RT di 131 RW yang tersebar di 39 kelurahan terendam banjir. "Sekitar 20.275 kepala kelurga atau 63.686 jiwa terendam banjir," ungkap Sutopo.

Ia memaparkan, hingga saat ini tercatat ada dua orang meninggal dunia akibat banjir. "Yaitu satu anak di Kelurahan Tanjung Duren yang hanyut di sungai dan satu orang di Kampung Melayu," paparnya.

Menurutnya, BNPB, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Badan Search and Rescue Nasional, TNI, Polri dan unsur lainnya bersama-sama memberikan bantuan darurat kepada masyarakat yang terkena korban bencana.

BNPB mengerahkan 150 personil Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Wilayah Barat untuk memberikan bantuan darurat di 16 posko banjir. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dahlan Minta Direksi LPPNPI Langsung Kerja Hari ini

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler