Banjir Jakarta Surut, Meylin & Mardi pun Menikah di Husnul Khotimah

Sabtu, 04 Januari 2020 – 16:18 WIB
Meylin dan Mardi pasangan yang menikah usai banjir melanda di Jalan Pondok Jaya, Kelurahan Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Sabtu (4/1). Foto: ANTARA/Laily Rahmawaty

jpnn.com, JAKARTA - Meylin dan Mardi resmi menjadi pasangan di Husnul Khotimah, sebuah masjid yang terletak di Pondok Jaya, Pela Mampang, Mampang Prapatan Jakarta, Sabtu (4/1) atau sehari setelah banjir Jakarta surut.

Kedua insan bersatu dan menggelar resepsi di aula masjdi yang juga dikenal dengan nama Masjid Rhoma Irama. Meylin merupakan warga Jalan Bangka, Pela Mampang, sedangkan Mardi warga Ciputat, Tanggerang, Banten.

BACA JUGA: Banjir Jakarta, Anies Baswedan Diminta Berhenti Bersilat Lidah

Dua hari sebelumnya, aula Masjid Husnul Khotimah digunakan warga sebagai tempat penampungan korban banjir. Setelah banjir surut warga pulang ke rumah masing-masing.

"Air surutnya mulai Kamis (2/1) subuh sekitar jam 05.00 WIB, tadinya warga pada mengungsi di sini, setelah surut mereka pulang semua," kata Wani (48) warga yang enam tahun bekerja sebagai marbot Masjid Husnul Khotimah.

BACA JUGA: Banjir Mulai Surut, Polisi Kembali Berlakukan Ganjil Genap di Jakarta

Pada saat banjir terjadi Rabu (1/1), air merendam permukiman warga Jalan Pondok Jaya dengan ketinggian 1-2 meter. Masjid Husnul Khotimah posisinya lebih tinggi sehingga air tidak sampai masuk ke teras aula. Sementara itu ruang untuk salat ada di lantai dua.

"Kemarin air setinggi dada saya ini, cuma karena masjid tinggi. air tidak masuk, sisa satu jengkal lagi dari tangga," kata Wani yang rumahnya terendam banjir.

BACA JUGA: Anies Baswedan: Kelelahan Ini akan Dibalas dengan Pahala

Masjid Husnul Khotimah selain digunakan sebagai tempat ibadah juga untuk kegiatan keagamaan seperti Majelis Taklim, taman kanak-kanak, asrama yatim dan dhuafa, hingga gedung pertemuan termasuk resepsi pernikahan.

Menurut Wani, pernikahan Meylin dan Mardi merupakan yang pertama di tahun 2020 setelah bencana banjir.

??????Masjid Husnul Khotimah juga dikenal sebagai Masjid Rhoma Irama karena pernah direnovasi oleh Raja Dangdut yang tinggal di Komplek Perumahan Pondok Jaya VI. Rumah Raja Dangdut tersebut juga ikut terendam air bah setinggi pinggang orang dewasa.

Usai banjir, warga kerja bakti membersihkan masjid untuk digunakan sebagai tempat salat dan juga resepsi pernikahan.

???Laode Boli, paman dari mempelai wanita mengatakan sempat khawatir pernikahan terancam batal karena banjir. Pihak keluarga telah melakukan persiapan pernikahan sejak tiga bulan sebelumnya, termasuk memesan aula Masjid Husnul Khotimah sebagai tempat nikah dan resepsi.

"Kami sempat panik memang, apalagi banjir sampai menutup akses jalan pemukiman, karena banjir tanggal 1 dan surut tanggal 2, sementara jadwal pernikahan tersisa dua hari lagi," kata Boli saat ditemui di lokasi resepsi.

Menurut Boli, sempat ada rencana untuk memindahkan lokasi pernikahan ke balai pertemuan bila banjir tidak kunjung surut.

Bahkan rencana lainnya adalah petnikahan tetap dilangsungkan di rumah, hanya resepsi ditunda sampai situasi memungkinkan. Untungnya banjir surut dan keponakannya bisa melangsungkan pernikahan dengan lancar.

"Kami juga sempat khawatir KUA telat datang karena masih terjadi banjir, syukurnya KUA datang sepuluh menit sebelum acara dimulai," kata Boli.

Pernikahan Meylin dan Mardi menjadi yang pertama di tahun 2020 bagi warga Pondok Jaya, Pela Mampang. Meski gerimis tamu undangan tetap ramai berdatangan dan pihak keluarga menyebar 1.000 undangan. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler