Banjir Lumpuhkan Tol Tangerang-Merak

Senin, 16 Januari 2012 – 03:23 WIB

AKIBAT intensitas curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir, ruas Tol Tangerang - Merak pun lumpuh. Air akibat meluapnya Sungai Ciujung, Serang menggenangi Tol Tangerang - Merak sekitar 1 Km. Tepatnya di Km 58.250 hingga Km 59.500. Ketinggian air di area jalan tol sejak pagi hari mencapai satu meter.

"Genangan air sudah mulai meninggi sekitar Minggu pukul 03.30," terang Indra Wijaya Humas pengelola Jalan Tol Tangerang-Merak, PT Marga Mandala Sakti (MMS) kepada INDOPOS.

Akibat genangan air di KM 58 hingga 59, lalu lintas jalan tol pun terpaksa dialihkan. Kendaraan yang datang dari Merak diminta untuk keluar di pintu tol Serang Timur dan arah dari Tangerang diminta keluar di Balajara Barat.

Beruntung hingga sore kemarin sekitar pukul 17.30, air sudah berangsur turun sekitar 20 cm. Alhasil kendaraan jenis truk dan bus yang sebelumnya terjebak di jalan tol pun sudah bisa berjalan perlahan. Namun untuk kendaraan kecil, dialihkan ke jalan umum.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Polres dan unsur terkait untuk memaksimalkan jalan umum menuju Serang maupun Tangerang," terangnya.

Masih menurut Indra, pihaknya pun kesulitan untuk memaksimalkan penggunaan pompa air untuk menyedot air di ruas tol. Mengingat, pemukiman warga yang ada di sekitar tol pun sejak pagi sudah terendam mencapai atap rumah warga.

Informasi yang dihimpun, akibat banjir dari luapan sungai Ciujung, enam desa di sekitar tol tergenang. Enam desa tersebut diantaranya Desa Kerawen, Desa Dukuh, Desa Pasir, Desa Picon, Desa Kenangga dan Desa Undar Andir Kabupaten Serang.

"Jadi percuma juga kalau disedot airnya dari jalan tol. Karena buangannya tidak ada. Sekitar jalan tol sudah terendam air. Mudah-mudahan cuaca bersahabat, sehingga esok pagi sudah berangsur normal. Soal kerugian saat ini estimasinya masih belum terhitung," papar Indra.

Mengantisipasi kemacetan yang parah di Jalan Raya Serang Kabupaten Tangerang atas pengalihan kendaraan dari ruas jalan Tol Tangerang - Merak, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tangerang menyiagakan puluhan personel di pintu Tol Balaraja Barat.

Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tangerang Nono Sudarno menerangkan akibat genangan air di jalan tol, kendaraan dari Tangerang dialihkan ke luar di pintu Tol Balaraja Barat. "Petugas akan mengarahkan kendaraan yang menuju arah Serang melalui Jalan Raya Serang," terangnya.

Petugas yang disiagakan akan memantau pergerakan kendaraan dari Balaraja Barat selanjutnya menuju arah Cangkudu, Solear, Cikande selanjutnya tiba di Serang, Banten. "Jalan Raya Serang jadi alternatif pasca tol Tangerang  - Merak tergenang air," terangnya.(kin)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Prediksi, Penghujung Januari Banjir Kepung Jakarta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler