bank bjb Raih Penghargaan Indonesia Finance Award dan Indonesia Leader Award 2024

Selasa, 13 Agustus 2024 – 12:47 WIB
bank bjb Raih Penghargaan Indonesia Finance Award dan Indonesia Leader Award 2024. Foto: bjb

jpnn.com, BANDUNG - bank bjb meraih penghargaan bergengsi dari Economic Review sebagai The Best Indonesia Finance for Bank-Public Company 2024 (GOLD Award – Excellent - Kategori aset di atas Rp100 Triliun).

Penghargaan ini diberikan kepada bank bjb atas prestasi finansial yang berhasil dicapai selama 2023, dengan peningkatan signifikan di berbagai indikator keuangan.

BACA JUGA: Transaksi Digital di Konser SO7 Makassar Makin Mudah dengan Dukungan bank bjb

Pada acara yang sama, Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi, juga menorehkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan The Best Indonesia Leader-III-2024 (PLATINUM Award – Very Excellent - Kategori aset di atas Rp100 Triliun).

Penghargaan ini merupakan bukti nyata atas berbagai terobosan dan perbaikan yang telah dilakukan oleh Yuddy selama masa kepemimpinannya di bank bjb.

BACA JUGA: Nasabah bank bjb Dapat Ratusan Juta Rupiah pada Undian Simpeda di Pontianak

Penghargaan ini diterima oleh Direktur Keuangan bank bjb Hana Dartiwan dalam Acara ndonesia Finance Award dan Indonesia Leader Award 2024 yang digelar di Hotel Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta, pada 12 Agustus 2024.

Sebagai informasi, pada laporan keuangan tahun 2023, bank bjb mencatatkan pertumbuhan aset yang impresif, melebihi Rp 100 triliun.

BACA JUGA: Selamat, bank bjb Raih Katadata Green Initiative Awards 2024

Berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan, sepanjang 2023 bank bjb mencatatkan laba sebesar Rp 2,14 triliun dengan Non Performing Loan (NPL) alias rasio kredit macet yang terjaga dengan baik pada level 1,35 persen menunjukkan manajemen risiko yang efektif.

Per Desember 2023, bank bjb mencatat dana pihak ketiga (DPK) naik 4,17% yoy menjadi Rp 136,61 triliun. Komponen Pada periode yang sama tabungan melesat 16% yoy menjadi Rp 33,64 triliun, sedangkan deposito tercatat Rp 80,06 triliun, naik 4,75% yoy.

Dari sisi fungsi intermediasi, bank bjb  mencatat kredit Rp 125,08 triliun, naik 8,05% yoy. Capaian ini mendorong aset bank tumbuh 3,89% yoy menjadi Rp 188,29 triliun. Total aset bank bjb tumbuh menjadi yang terbesar di antara Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia.

Adapun sejak menjabat sebagai Direktur Utama, Yuddy Renaldi telah memimpin bank bjb dengan sejumlah inovasi yang berdampak signifikan terhadap kinerja perusahaan.

Salah satu langkah penting yang diambil Yuddy adalah pengembangan digitalisasi perbankan melalui smart mobile banking DIGI bank bjb, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan nasabah di era digital.

Inisiatif ini telah berhasil meningkatkan kepuasan nasabah dan memperkuat posisi bank bjb di industri perbankan nasional.

Selain itu, Yuddy juga fokus pada pengembangan layanan perbankan hybrid, yang menggabungkan kekuatan layanan online dan offline.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa bank bjb tetap dapat melayani berbagai segmen nasabah dengan optimal, baik yang lebih nyaman dengan layanan digital maupun yang masih mengandalkan layanan konvensional.

Tidak hanya itu, di bawah kepemimpinan Yuddy, bank bjb juga telah berhasil meraih capaian positif lain,  termasuk peningkatan peringkat dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) yang menaikkan peringkat bank bjb dari "idAA-" menjadi "idAA" dengan outlook "stabil".

Pencapaian ini semakin menegaskan keberhasilan strategi manajemen yang diterapkan oleh Yuddy dalam menjaga kesehatan keuangan perusahaan.

Widi Hartoto, Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, menyampaikan raihan dua penghargaan tersebut, merupakan merupakan buah dari komitmen bank bjb yang senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada shareholder dan stakeholder.

"Kedua penghargaan tersebut adalah bukti komitmen kami untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi nasabah serta seluruh pemangku kepentingan," ujar Widi.

Di tengah berbagai tantangan ekonomi global, regional, maupun nasional, pada tahun 2024, bank bjb di bawah kepemimpinan Yuddy Renaldi tetap mampu menjaga kinerja yang solid.

Widi menambahkan bahwa keberhasilan Yuddy dalam memimpin bank bjb tidak hanya terlihat dari penghargaan yang diterimanya, tetapi juga dari berbagai program strategis yang telah dijalankan, seperti implementasi SNI ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan.

Sertifikasi ini mempertegas komitmen bank bjb dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dan transparan. Hal ini sejalan dengan visi Yuddy untuk menjadikan bank bjb sebagai salah satu bank elit di Indonesia yang mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional.

Widi Hartoto mengungkapkan bahwa seluruh insan bank bjb mendukung penuh kepemimpinan Yuddy Renaldi dan siap untuk terus melanjutkan langkah-langkah strategis yang telah dirumuskan.

Dengan penghargaan ini, bank bjb siap melangkah lebih jauh dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang untuk terus tumbuh dan memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia.

Dengan inovasi, dedikasi, dan kepemimpinan yang visioner, bank bjb mampu terus tumbuh dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia.

Penghargaan ini bukan hanya pencapaian kami, tetapi juga motivasi untuk terus berkomitmen dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

"Kami berterima kasih kepada seluruh tim yang telah berkontribusi, serta para nasabah yang selalu memberikan kepercayaan kepada bank bjb,"   ujar Widi Hartoto. (jpnn.com)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler